Peristiwa Nasional

Komisi II DPR RI Dorong BPIP Susun Arah Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila

Jumat, 09 April 2021 - 14:30 | 21.12k
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung. (Foto: Dok. DPR RI).
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung. (Foto: Dok. DPR RI).

TIMESINDONESIA, JAKARTAKomisi II DPR RI mendesak Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan penyusunan arah kebijakan pembinaan Ideologi Pancasila yang salah satu output-nya adalah modul dan materi pendidikan nonformal bagi seluruh elemen masyarakat. 

Namun demikian, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengingatkan agar BPIP sebelum menyebarluaskan materi pembinaan Ideologi Pancasila kepada masyarakat, untuk menyerahkan terlebih dahulu draf bahan ajar Pancasila Pendidikan kepada Komisi II DPR RI untuk dilakukan uji materi.

 "Komisi II DPR RI meminta BPIP untuk menyerahkan draf bahan ajar Pancasila Pendidikan formal bagi pelajar dan mahasiswa kepada Komisi II DPR RI untuk dilakukan uji materi," ucap Doli saat memimpin RDP Komisi II DPR RI dengan Kepala BPIP Yudian Wahyudi dikutip dari siaran pers DPR RI, Jumat (9/4/2021).

Politisi Partai Golkar itu memastikan Komisi II DPR RI mendukung penuh anggaran BPIP untuk melakukan penguatan program pengarusutamaan nilai-nilai Ideologi Pancasila dan menetapkan kebijakan masukan mata pelajaran Pancasila ke dalam kurikulum dan bahan ajar bagi pelajar. Serta mahasiswa di jenjang pendidikan formal mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai dengan pendidikan Perguruan Tinggi.

“Komisi II meminta kepada Presiden Republik Indonesia agar memberikan dukungan anggaran yang memadai kepada BPIP untuk melakukan penguatan program pengarusutamaan nilai-nilai Ideologi Pancasila dan menetapkan kebijakan masukkan mata pelajaran Pancasila ke dalam kurikulum dan bahan ajar bagi pelajar dan mahasiswa di jenjang pendidikan formal mulai dari PAUD sampai pendidikan Perguruan Tinggi,” kata Doli.

Untuk memperlancar dan mempermudah program-program sosialisasi nilai-nilai Ideologi Pancasila kepada masyarakat, Doli meminta BPIP melakukan sinergi dan kerja sama dengan Komisi II DPR RI, Kementerian/Lembaga, serta Pemerintah Daerah (Pemda). 

Komisi II DPR RI meminta BPIP melakukan sinergi dan kerja sama dengan Komisi II DPR RI, Kementerian, Lembaga Negara, serta Pemda agar program-program sosialisasi dalam rangka mengarusutamakan nilai-nilai Ideologi Pancasila dikalangan masyarakat dapat lebih masif,” tandas Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES