Peristiwa Daerah

Megah, Begini Penampilan Masjid Al Hikmah Universitas Jember Usai Direnovasi

Jumat, 09 April 2021 - 13:33 | 118.77k
Masjid Al Hikmah saat ini setelah renovasi total. (FOTO: Humas Unej for TIMES Indonesia)
Masjid Al Hikmah saat ini setelah renovasi total. (FOTO: Humas Unej for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Warga Kampus Universitas Jember (Unej) menyambut datangnya bulan Ramadan dengan suasana baru. Sebab, renovasi Masjid Al Hikmah sudah selesai sehingga siap digunakan untuk berbagai kegiatan ibadah di bulan puasa.

Masjid yang berada di sisi barat gedung rektorat ini, mulai direnovasi saat rektor Unej masih dijabat oleh Moh. Hasan PhD.

Peresmian Masjid Al Hikmah dilakukan oleh Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna pada Jumat pagi (9/4/2021).

Renovasi Masjid Al Hikmah membuat luasannya bertambah empat kali lipat sehingga direncanakan bisa menampung 1.800 jamaah.

Renovasi kali ini adalah renovasi total semenjak Masjid Al Hikmah berdiri di dekade tahun 1980-an.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya dengan telah selesainya renovasi Masjid Al Hikmah.

Sebab pembangunannya sempat mengalami kendala mengingat dikerjakan di masa pandemi Covid-19.

Masjid-Al-Hikmah-saat-ini-setelah-renovasi.jpgRektor Unej menandatangani prasasti renovasi Masjid Al Hikmah disaksikan oleh para Wakil Rektor dan perwakilan kontraktor. (FOTO: Humas Unej for TIMES Indonesia)

“Setelah Masjid Al Hikmah jadi megah, kini tanggung jawab kita untuk memakmurkan masjid ini dengan berbagai kegiatan baik yang bernilai ibadah, kegiatan sosial keagamaan maupun kegiatan yang sifatnya membangun pendidikan karakter. Harapannya adalah bagaimana agar Masjid Al Hikmah menjadi pusat syiar Islam yang ramah, moderat dan tentunya rahmatan lil alamien,” harap Iwan Taruna.

Harapan Rektor Universitas Jember ditanggapi oleh Ketua Takmir Masjid Al Hikmah, Abdul Majid.

Menurut dosen Fakultas Pertanian ini, pihaknya sudah memprogramkan berbagai kegiatan selain ibadah salat fardhu untuk memakmurkan Masjid Al Hikmah, apalagi memasuki bulan Ramadan.

Di antaranya adalah kajian tematik setiap menjelang buka puasa, kegiatan khotmil Qur’an mingguan, gerakan Jumat Bersih yang melibatkan pengurus BEM setiap fakultas dan kegiatan lainnya.

“Jika kondisi sudah kondusif, kami berencana memberikan materi pendidikan karakter kepada mahasiswa baru secara bergiliran. Masjid Al Hikmah juga menjadi pusat pembinaan bagi mahasiswa yang hafal Alquran, bahkan mereka mendapatkan bantuan dan dukungan dari BRI,” jelas Abdul Majid.

Masjid-Al-Hikmah-saat-ini-setelah-renovasi-2.jpgRektor Unej didampingi oleh Ketua Takmir Masjid Al Hikmah, Abdul Majid melihat lantai 2 masjid. (FOTO: Humas Unej for TIMES Indonesia)

Sementara itu Bambang Sigit Permadi dari PT. Intidaya Karya, sebagai kontraktor pembangunan menambahkan, pembangunan Masjid Al Hikmah dimulai bulan Juli tahun 2020 lalu.

Masjid Al Hikmah kini memiliki luasan kurang lebih 363 ribu meter persegi dengan dilengkapi lantai dua sehingga bisa menampung lebih banyak jamaah.

Seusai kegiatan peresmian masjid, Takmir Masjid Al Hikmah Universitas Jember menyelenggarakan tabligh akbar menyambut Ramadan dengan menghadirkan pembicara, KH. Dr. Abdul Haris, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jember.

Untuk diketahui, renovasi Masjid Al Hikmah Kampus Universitas Jember (Unej) akhirnya selesai jelang datangnya bulan Ramadan.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES