Peristiwa Daerah

Wali Kota Probolinggo Minta Warga Tetap Disiplin Prokes Selama Ramadan 2021

Jumat, 09 April 2021 - 12:00 | 28.53k
Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, dalam sebuah acara bersama jurnalis. (FOTO: Jhon Welly for TIMES Indonesia)F
Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, dalam sebuah acara bersama jurnalis. (FOTO: Jhon Welly for TIMES Indonesia)F

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pelaksanaan Ramadan tahun ini, masih sama dengan tahun lalu. Dalam situasi pandemi covid19. Protokol kesehatan tetap harus dilakukan, selama pelaksanaan sejumlah kegiatan keagamaan. Selain itu, imbauan untuk meminimalisir mobilitas, juga masih gencar dilakukan Pemkot Probolinggo, Jawa Timur.

Langkah itu ditempuh, untuk meminimalisir penularan covid19 yang belakangan sudah semakin melandai. Sampai sejauh ini, kasus penularan covid19 di Kota Probolinggo mulai melandai. Per tanggal 8 April 2021, jumlah kasus aktif tersisa sebanyak 7 orang. Dengan total konfirmasi positif sebanyak 2.145 kasus, serta 1.987 kasus sembuh.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin menyebut, kendati masih dalam masa pandemi, pelaksanaan Ramadan tahun ini dipastikan berbeda dengan tahun lalu. Untuk tahun ini, sholat tarawih dan sholat ied, diperbolehkan. “Tapi harus sesuai protokol kesehatan, jangan sampai abai,” katanya, Jumat (9/4/2021).

Selama Ramadhan 2021, sejumlah kegiatan masyarakat, seperti pasar Tugu di alun-alun Kota Probolinggo, juga tetap dibuka. Dengan syarat, pedagang hanya warga Kota Probolinggo saja. Penerapan protokol kesehatan dalam hal ini juga tetap dilakukan.

Soal kewajiban vaksin untuk imam shalat tarawih maupun shalat ied, wali kota menyampaikan, sejauh ini pihaknya sudah menggelar vaksinasi. Bagi yang tidak mau divaksin, resiko ditanggung sendiri.

“Tapi Alhamdulillah, vaksinasi berjalan lancar, tidak ada penolakan sampai sejauh ini,” imbuhnya.

Terkait kebijakan larangan mudik, wali kota mengikuti aturan dari pusat. Yakni adanya larangan mudik bagi ASN. Sementara masyarakat, pihaknya meminta agar juga meminimalisir mobilitas tersebut.

“Manfaatkan lah tekhnologi dulu. Kan saat ini video call sudah bisa dimanfaatkan dengan baik. Agar tidak terjadi lagi lonjakan kasus penularan covid19. Kami sebagai pemerintah, meminta kesadaran masyarakat dengan sangat. Agar Ramadan 2021 bisa berlangsung lebih khidmat dari tahun sebelumnya,” kata Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES