Pendidikan

‘Gerakan Pelajar Menulis’, HIMO SMA Banyuwangi: Ingin Menumbuhkan Jurnalis Sekolah

Jumat, 09 April 2021 - 08:11 | 101.07k
Ketua HIMO SMA Kabupaten Banyuwangi, Donni Setianto Z. (FOTO: Donni Setianto Z for TIMES Indonesia)
Ketua HIMO SMA Kabupaten Banyuwangi, Donni Setianto Z. (FOTO: Donni Setianto Z for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Apa yang digagas Himpunan Musyawarah Osis (HIMO) SMA Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, patut dijadikan contoh. Para siswa Bumi Blambangan tersebut mencetus ‘Gerakan Pelajar Menulis’.

“Kami ingin mengajak teman-teman pelajar untuk terus melestarikan budaya menulis. Dan targetnya, kami ingin menumbuhkan jurnalis sekolah,” ucap Ketua HIMO SMA Kabupaten Banyuwangi, Donni Setianto Z, Jumat (9/4/2021).

Disebutkan, ‘Gerakan Pelajar Menulis’ adalah hasil diskusi pengurus Osis anggota HIMO SMA Kabupaten Banyuwangi. tentu saja dengan arahan dan bimbingan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Negeri Kabupaten Banyuwangi dan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Kabupaten Banyuwangi.

Dalam pelaksanaan, mereka bekerjasama dengan Media Online TIMES Indonesia, Media Online Berjaringan No 1 di Indonesia.

MA-Kabupaten-Banyuwangi.jpg

‘Gerakan Pelajar Menulis’ akan dilaunching pada Sabtu, 10 April 2021, di Destinasi De Djawatan Benculuk. Sebuah tempat wisata unggulan Kabupaten Banyuwangi, dibawah naungan Perhutani KPH Banyuwangi Selatan.

“Sebagai kegiatan pembuka adalah pelatihan jurnalistik. Yang akan diikuti oleh perwakilan pelajar dari SMA Se Kabupaten Banyuwangi,” ungkapnya.

Siswa XI MIPA 2 SMAN 1 Banyuwangi ini menyampaikan, selama ini para pelajar berkeinginan bisa membuat karya tulisan yang lebih terarah. Namun terbentur kurangnya pendampingan. Dan itulah salah satu alasan mereka memutuskan menggandeng Media Online TIMES Indonesia.

Makin istimewa, dalam ‘Gerakan Pelajar Menuli’ seluruh siswa SMA di Banyuwangi, akan berkesempatan mengunggah karya tulis nya di website TIMES Indonesia, serta 220 portal jaringan se Indonesia.

“Kegiatan ini akan sangat membantu pelajar, selaku kaum remaja milenial untuk mengetahui potensi diri. Khususnya dibidang jurnalistik,” ungkap siswa kelahiran Banyuwangi, 7 Juni 2003 ini.

Putra pasangan Dwi Aguh Haryanto dan Ni Ketut Suciati, warga Jalan R W Monginsidi No 49 Banyuwangi tersebut juga berharap ‘Gerakan Pelajar Menulis’ mampu mendorong minat dan budaya menulis dikalangan pelajar. Sekaligus memancing kreativitas, mengasah kecerdasan dan daya nalar.

“Dan target kami, bisa tumbuh jurnalis sekolah ditiap SMA di Banyuwangi,” ujarnya.

Kepada TIMES Indonesia, Donni menyampaikan terima kasih kepada MKKS SMA Negeri Kabupaten Banyuwangi dan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Kabupaten Banyuwangi, yang telah banyak memberi wawasan, dampingan serta dukungan terhadap HIMO. Perhatian tersebut menjadi semangat tersendiri bagi para siswa di Banyuwangi, untuk terus meningkatkan kemampuan diri. Serta berupaya untuk turut mengharumkan nama sekolah masing-masing. Sesuai dengan tema yang diangkat dalam peluncuran ‘Gerakan Pelajar Menulis’. Yakni, Karya Ku Untuk Sekolah Ku. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES