Peristiwa Daerah

Wagub NTB: Posyandu Keluarga Sebagai Pusat Edukasi Kesehatan Berbasis Dusun

Kamis, 08 April 2021 - 21:23 | 24.96k
Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah saat meluncurkan Posyandu Keluarga dan Kampung KB di Lombok Timur. (FOTO: Dinas Kominfotik NTB)
Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah saat meluncurkan Posyandu Keluarga dan Kampung KB di Lombok Timur. (FOTO: Dinas Kominfotik NTB)

TIMESINDONESIA, LOMBOK TIMURWagub NTB Sitti Rohmi Djalillah mengatakan, dengan adanya revitalisasi Posyandu yang awalnya hanya melayani kesehatan ibu dan anak menjadi Posyandu keluarga, maka selanjutnya pelayanan Posyandu ini akan dapat melayani  remaja dan lansia juga. 

"Baik melayani konsultasi kesehatan remaja dan lansia bahkan persoalan sosial lainnya," kata Rohmi, ketika meluncurkan Posyandu Keluarga dan Kampung KB Tingkat Kecamatan Lenek, Lombok Timur, Kamis (8/3/2021).

Menurut Rohmi, Posyandu Keluarga diharapkan dapat mengurai beberapa permasalahan sosial dan kesehatan mendasar yang menjadi konsentrasi pekerjaan pemerintah di seluruh NTB saat ini. Seperti pemahaman tentang pernikahan dini, persoalan buruh migran, pemahaman tentang pola hidup lansia hingga persoalan lain. 

Termasuk stigma kesehatan yang secara turun temurun dipercayai oleh masyarakat harus ditangkal dengan penjelasan logis secara ilmu pengetahuan.

"Inilah pentingnya posyandu keluarga sebagai pusat edukasi kesehatan berbasis dusun," tegas Rohmi.

Melihat progres pertumbuhan posyandu keluarga, Wagub Rohmi merasa bangga karena dalam waktu yang tidak terlalu lama seluruh desa di Desa Lenek mampu merevitalisasi posyandu keluarga, bahkan membentuk kampung KB.

"Pertumbuhan Posyandu keluarga di Desa Lenek ini surprise bagi saya. Ayo terus bergerak mensukseskan program pemerintah demi masyarakat kita," tutur Wagub NTB Sitti Rohmi Djalillah.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES