Peristiwa Daerah

Kisah Aji Pranoto, Anak Pedagang Mie Ayam di Brebes yang Lulus Menjadi Prajurit TNI AD

Kamis, 08 April 2021 - 21:14 | 56.61k
Aji Pranoto, anak pedagang mie ayam di Brebes yang lolos seleksi menjadi anggota TNI AD. (Foto: Dok. Pribadi/TIMES Indonesia)
Aji Pranoto, anak pedagang mie ayam di Brebes yang lolos seleksi menjadi anggota TNI AD. (Foto: Dok. Pribadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BREBES – Pasangan Sarkim Priyangga dan Joharoh yang kesehariannya berjualan mie ayam keliling kampung, patut bangga dan bersyukur. Warga Dusun Sidamulya RT 02/07, Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini sedang sumringah karena anak lelakinya, Aji Pranoto anak lelakinya dinyatakan lulus tes menjadi prajurit TNI AD melalui seleksi Calon Tamtama Gelombang I Tahun 2021, yang diumumkan di Rindam IV Diponegoro, Magelang pada Senin, 5 April 2021 

"Sebagai orang tua, kami bangga mendengar kabar baik ini. Apalagi saya hanya pedagang mie ayam," ujarnya setelah mendengar anaknya lolos menjadi prajurit TNI AD. 

Aji Pranoto yang kinu berusia 19 tahun, kesehariannya membantu kedua orang tua berjualan di pinggir jalan desa. Dia berniat menjadi anggota TNI karena keinginannta mengabdi kepada negara dan bangsa. Cita-citanya sudah ada sejak SD. Di sela-sela membantu orang tuanya berjualan, dia berlatih fisik. 

“Saya ingin membuktikan menjadi TNI tidak dipungut biaya, juga ingin mengangkat derajat dan martabat keluarga,  meski orang tua saya hanya penjual mie ayam, saya bisa," papar Aji Peanoto. 

Aji-Pranoto-2.jpg

Lulusan SMKN 1 Tonjong, Brebes ini mengaku untuk menjadi tentara tidak mengeluarkan biaya. Yang dibutuhkan, ketekunan, semangat serta motivasi diri yang kuat. "Terus terang, paling hanya biaya kos selama seleksi di Magelang, fotokopi, dan biaya transportasi saja, dari awal sampai pengumuman ” jelasnya Aji yang juga pernah ikut seleksi Calon Bintara (Caba) pada tahun 2020. 

Menjadi seorang prajurit TNI, katanya, harus melalui tahapan ketat. Selain itu dibutuhkan mental dan fisik yang kuat. Kopda Supriyadi, Babinsa Pepedan, Koramil Tonjong salah seorang anggota TNI Kodim 0713 Brebes yang melakukan pembinaan kepada Aji Pranoto  mengakui dia hanya memotivasi dan mengarahkan Aji agar lulus dengan nilai terbaik. Menurutnya, fisik dan akademik Aji bagus. 

“Saya hanya memoles Aji saja. Semua kembali kepada Aji dalam mewujudkan cita-citanya, ditambah doa kedua orang tuanya," jelasnya. 

Selain memiliki  keahlian dan prestasi  di bidang akademik, seni, komputer dan lainnya, Aji Pranoto juga mengantongi sejumlah prestasi seperti sepak bola dan olah raga bela diri di Brebes. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES