Pendidikan

Workshop Kepala Sekolah, Peningkatan Kompetensi di Situasi Pandemi Covid-19

Kamis, 08 April 2021 - 20:57 | 19.38k
Para Kepala Sekolah mengikuti kegiatan workshop. (Foto: Humas Kabupaten Ciamis)
Para Kepala Sekolah mengikuti kegiatan workshop. (Foto: Humas Kabupaten Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMISWorkshop Kepala Sekolah diselenggarakan sebagai peningkatan kompetensi para kepala sekolah di situasi yang mengharuskan adaptasi di sistem pembelajaran dalam kondisi pandemi Covid-19 ini. Ada 80 orang kepala sekolah jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis yang mengikuti kegiatan workshop ini.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi dan layanan pendidikan para kepala sekolah untuk menwujudkan generasi emas. Selain itu, dapat juga melek iptek agar mengikuti perkembangan zaman masa kini," tutur Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Kamis (8/4/2021).

Workshop Kepala Sekolah 2Kegiatan Workshop 80 Kepala Sekolah jenjang SMP di Kabupaten Ciamis. (Foto: Humas Kabupaten Ciamis)

Menurutnya, adanya pandemi Covid-19 telah melemahkan sendi-sendi pendidikan di Indonesia, bahkan dunia. Banyak yang berubah dan harus menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

“Jadi, kondisi pandemi Covid-19 membuat kita harus beradaptasi mulai dari sistem pembelajaran yang bersifat daring dan penyesuaian kurikulum. Selain itu, tuntutan kesiapan semua pihak, baik anak didik, orang tua murid dan pemangku kepentingan yang harus mau berkorban demi terjaganya kualitas pendidikan,” paparnya.

Bupati Ciamis menerangkan, Dinas Pendidikan Ciamis sebagai pemangku urusan pendidikan di Kabupaten Ciamis dituntut dapat menghadirkan inovasi-inovasi yang mempermudah anak bersekolah.

Ia mengharapkan, para guru dapat melakukan pembelajaran menggunakan metode e-learning. Itu agar proses pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di situasi pandemi ini.

“Maka, tepat rasanya kalau saat ini para guru yang dimotori oleh kepala sekolah menjadi lebih kreatif dan inovatif. Sehingga, dapat mencari solusi dalam memberikan layanan pendidikan kepada seluruh siswa,” imbuhnya.

Workshop Kepala Sekolah 3Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. (Foto: Humas Kabupaten Ciamis)

Bupati Ciamis juga mendorong peserta didik dan guru untuk tetap semangat belajar walaupun tidak bisa tatap mata secara langsung. Kekhawatiran terjadi kebosanan dengan sistem belajar daring, yang pada akhirnya malah memicu rasa malas untuk belajar harus dapat diatasi.

Selain itu, Bupati Ciamis juga melontarkan harapannya terkait menghadapi sekolah tatap muka nanti di wilayah yang sudah zona hijau. "Saya berharap para kepala sekolah telah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kegiatan pembelajaran tatap muka, termasuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Berikan layanan pendidikan terbaik untuk menyambut kembali para siswa kita di sekolah,” ucapnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten CIamis, Endang Kuswana menjelaskan, tujuan workshop kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi kepala Sekolah dalam melaksanakan kinerja. Selain itu, mengembangkan kemampuan, kematangan diri dan inisiatif dalam menghadapi tantangan pekerjaan.

Jadi, hasil yang ingin didapatkan dari kegiatan workshop kepala sekolah ini yaitu, kepala sekolah memiliki rekomendasi profesional tentang penguasaan lina kompetensi kepala sekolah. Selanjutnya, pengembangan profesinya sebagai kepala sekolah dan mendapatkan kepala sekolah yang memiliki potensi kepemimpinan yang baik. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES