News Commerce Indonesia Bangkit

Filosofi Menu di Neo Kedaton Resto and Catering

Kamis, 08 April 2021 - 18:48 | 139.85k
Neo Kedaton Resto and Catering tak hanya sekedar menghadirkan makanan dan minuman tetapi diikuti dengan filosofi menu saat menyajikannya. (Foto-foto: Neo Kedaton Resto and Catering for TIMES Indonesia)
Neo Kedaton Resto and Catering tak hanya sekedar menghadirkan makanan dan minuman tetapi diikuti dengan filosofi menu saat menyajikannya. (Foto-foto: Neo Kedaton Resto and Catering for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, MALANGNeo Kedaton Resto and Catering  tak hanya sekedar menawarkan makanan dan minuman. Resto anyar yang lahir saat pandemi Covid-19  yang berada di Jalan Wilis No 9 A Malang ini juga menerapkan filosofi menu saat menyajikan.

Marketing Neo Kedaton Resto and Catering, Rike Fransiska memaparkan filosofi menu-menu fusion food Jawa yang ditawarkan di Neo Kedaton Resto and Catering saat disajikan. Berikut folosofi menu-menu yang bisa dinikmati semua segmen tersebut.

Sop Buntut Kedaton

Sop buntut adalah salah satu masakan populer dalam masakan Indonesia. Terbuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui, kemudian disajikan dengan cara Original (Sop Buntut Kuah), bakar atau digoreng.

“Untuk kuahnya, kami sajikan berupa kuah kaldu sapi yang bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng. Sop buntut kami dibumbui dengan rempah rempah,  bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah seperti merica, pala, cengkih dan lainnya. Kami menyajikan kuliner populer ini dengan cita rasa khas Neo Kedaton Resto and Catering,” jelas Rike.

Bebek Goreng Kedaton

Adalah daging bebek yang digoreng dan dihidangkan dengan lalapan (sayuran segar). Bebek goreng kedaton ini kami sajikan dalam keadaan yang masih panas (baru digoreng) dengan lalapan segar dan sambal. Yang paling khas dari bebek goreng kedaton adalah adalah bumbunya yang berupa minyak berwarna kuning yang dikombinasikan bersama kacang Panjang kalasan.

“Bebek goreng kedaton, disajikan pula dengan serundeng dan kremesan. Serundeng ini kami buat dari parutan kelapa yang digoreng hingga kuning kecoklatan dengan bumbu-bumbu racikan khas seperti cabai, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, gula, asam jawa, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Bumbu-bumbu ini dilumatkan sebelum digunakan,” jelas Rike.  

Iga Bakar Cobek

Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Iga bisa juga dimasak sup, semur, dipanggang.

“Menu Iga Bakar Cobek Kedaton ini, kami sajikan secara khas yaitu dibakar dan disajikan di dalam cobek. Bumbu bakarannya sangat "khas" karena dibuat dari campuran berbagai rempah-rempah,” ujar Rike.

Menurut  dia, sangat tepat disajikan bersama nasi putih hangat, sambal, emping, dan taburan bawang goreng. Makanan ini pertama kali populer di wilayah Arekan Jawa Timur, dan sekarang telah tersebar ke seluruh Indonesia.

Wedang Ken Arok

Wedang dengan rasa pedas khas cabe rawit ini terbuat dari racikan cabe rawit dengan aneka rempah rempah tradisional berkhasiat, seperti pala, cengkih, kapulaga, jahe emprit, pekak, dan ramuan kearifan bumi Nusantara lainnya.

“Minuman ini memiliki cita rasa yang “berapi – api”, pedas menghangatkan badan, munculnya minuman ini diilhami dari legenda Keberanian dan nyala api semangat Ken Arok dalam sejarah berdirinya kerajaan Singosari,” kata Rike.

Wedang Bayu Braja

Minuman ini lahir terinspirasi dari Ajian Bayu Bajra yang dimiliki oleh Raden Werkudoro (Bima), yaitu  suatu sistem keilmuan kuno yang disarikan dari kebudayaan asli bangsa Indonesia dikutip dari kitab Mahabharata. Pada jaman dahulu ilmu Aji Bayu Bajra dalam ceritra Mahabrata digunakan oleh Bima, salah seorang ksatria pandawa untuk mengalahkan musuh musuhnya daplam peperangan baik besar mupun perang tanding (duel).

Bayu atau vayu adalah angin nafas ilahi, bajra atau vajra adalah kekuatan seperti guntur yang hening. Jadi, artinya bayu bajra  adalah suatu kekuatan yang dahsyat seperti guntur tapi tidak berbunyi, seperti angin tetapi tidak terlihat tidak terasa.

“Seperti halnya filosofi minuman wedang ini, yang terbuat dari aneka rempah rempah berkhasiat seperti cabe puyang, pasak bumi, jahe emprit, kapulaga, pala, madu, dan masih banyak lagi ramuan khas lainnya. Khasiat minuman ini adalah untuk meningkatkan stamina pria, mengatasi badan loyo, mengembalikan tenaga menjadi kuat kembali, dan melancarkan peredaran darah,” papar Rike.

Singosari Blend

Salah satu kopi yang ada di Neo Kedaton Resto & Catering Malang. Suatu racikan khas yang lahir terinspirasi dari kekayaan hasil kopi di bumi Singosari Malang. Singosari blend terbuat dari campuran beberapa single origin asli Malang, yang bertujuan  menghasilkan rasa kopi khas Malang yang lebih kompleks, tiada duanya.

“Rasakan cita rasa bumi Singosari dalam setiap seduhan Singosari Blend pada setiap cangkir kopi Anda di Neo Kedaton Resto and Catering Malang,” kata Rike.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES