Pendidikan

SMP 3 Bondowoso Gandeng Lembaga Riset BLRS untuk Tingkatkan Kesadaran Literasi Siswa 

Kamis, 08 April 2021 - 19:37 | 51.95k
Acara sarasehan literasi dan penandatanganan MoU antara SMP 3 dengan lembaga riset dan riset BLRS (Foto: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Acara sarasehan literasi dan penandatanganan MoU antara SMP 3 dengan lembaga riset dan riset BLRS (Foto: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Untuk meningkatkan minat baca-tulis siswa, SMP 3 Bondowoso bekerja sama dengan lembaga riset dan literasi Bintana Research and Literacy Shelter (BRLS).

Selain MoU, dalam kesempatan tersebut juga digelar sarasehan literasi oleh komunitas literasi Lentera SMP Bondowoso. Penandatangan MoU langsung dilakukan oleh founder BRLS Indonesia Bintana Alin Hilwah dan Kepala SMP 3 Bondowoso Elok Riskiyah di kantor BRLS Indonesia.

Kepala Sekolah SMP 3 Bondowoso, Elok Riskiyah mengatakan kerja sama bertujuan untuk bersama-sama mengembangkan semangat literasi dan kepenulisan siswa SMP 3 Bondowoso.

"Hal ini seiring dengan meningkatnya semangat literasi di dunia pendidikan," katanya saat dikonfirmasi.

Bahkan kata dia, siswa-siswi SMP 3 Bondowoso sudah mengunjungi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) untuk belajar Ijen Geopark. "Nanti ingin dituangkan dalam bentuk tulisan artikel," imbuhnya.

Founder BLRS, Bintana Alin Hilwah mengatakan bahwa literasi terbagi menjadi 6. Yaitu literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial dan literasi budaya.

"Jika adik-adik dari Lentera sudah terbiasa menulis, maka tugasnya mengaitkan dengan beberapa literasi lainnya. Seperti literasi digital dan literasi budaya," katanya.

Menurutnya, BRLS siap untuk mendampingi siswa SMP 3 dalam hal literasi. Khususnya mendalami literasi baca-tulis, budaya dan digital. 

"Karena tantangan zaman, maka kita sebagai generasi Z harus ada di garda terdepan untuk membumikan literasi," paparnya.

Dengan adanya kerjasama ini, dia berharap semakin menumbuhkan semangat literasi dan kepenulisan siswa serta menunjang eksistensi literasi dan kepenulisan di era milenial.

"Antusiasme ditunjukkan adik-adik komunitas Lentera serta guru-guru SMP 3 Bondowoso sangat meriah," paparnya.

Kerja sama tersebut dalam rangka meningkatkan literasi siswa itu, disaksikan oleh guru-guru SMP 3 Bondowoso, komunitas Lentera dan pegiat literasi BRLS Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES