Kesehatan

Sering Dilupakan, Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur untuk Kesehatan

Jumat, 09 April 2021 - 02:22 | 63.96k
Ilustrasi minum air putih. (Foto: Daria Shevtsova/Pexels)
Ilustrasi minum air putih. (Foto: Daria Shevtsova/Pexels)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat ini kebanyakan orang lebih menyukai dan memililih minuman yang memiliki rasa ketimbang air putih yang rasanya bisa dibilang tawar. Idealnya, tubuh manusia dianjurkan untuk minum air putih sebanyak dua liter setiap harinya atau setara sekitar delapan gelas setiap harinya.

Agar tubuh anda tetap sehat maka Anda harus membiasakan diri untuk minum air putih secara teratur, termasuk membiasakan diri untuk minum air putih pada malam hari. Karena pada kenyataannya minum air sebelum tidur ternyata memiliki banyak manfaat loh, penasaran kan?

Melansir dari Kompas berikut adalah manfaat minum air putih sebelum tidur untuk kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pada kenyataannya minum air putih pada malam hari sebelum tidur memiliki manfaat untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Menjaga tubuh tetap terhidrasi sendiri memiliki manfaat seperti meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit.

2. Melancarkan Proses Regenerasi Sel

Air putih sendiri juga memiliki manfaat untuk membantu proses regenerasi sel yang ada di dalam tubuh kita. Karena pada dasarnya air putih akan memastikan darah membawa banyak oksigen yang nantinya akan didistribusikan ke sel-sel yang ada di seluruh tubuh.

3.  Membantu Proses Pembersihan Racun

Hal ini masih memiliki kaitan dengan poin nomor 1, dikarenakan tubuh kita yang tetap terhidrasi sepanjang malam menimbulkan efek untuk membantu tubuh dalam proses pembersihan racun yang tidak diinginkan di dalam tubuh kita.

4. Mencegah Pusing Saat Bangun Tidur

Mengonsumsi air putih sangatlah dianjurkan apalagi sebelum tidur, karena pada kenyataannya saat kita tidur sebenarnya darah kita mengental, oleh sebab itu jika kita kekurangan cairan dalam tubuh kita saat itu maka akan menyebabkan pasokan darah ke otak kita menjadi terhambat.

5. Menghindari Gangguan Ginjal

Air putih sendiri ternyata dapat menjaga ginjal yang ada di dalam tubuh kita juga, hal ini dikarenakan air putih yang kita minum ternyata dapat membantu untuk melarutkan kalsium dalam urine sehingga dapat meminimalisir terjadinya penyakit batu ginjal.

Nah, ternyata minum air putih sebelum tidur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Memang kita sering lupa untuk minum air sebelum tidur, namun mari kita coba terapkan bersama sama pola hidup sehat untuh tubuh kita. (*)​

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES