Kesehatan

Hilangkan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Jumat, 09 April 2021 - 03:59 | 45.91k
Ilustrasi sakit gigi. (Foto: Andrea Piacquadio/Pexels)
Ilustrasi sakit gigi. (Foto: Andrea Piacquadio/Pexels)

TIMESINDONESIA, JAKARTASakit gigi terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya karena kurangnya memperhatikan kebersihan mulut yaitu tidak sikat gigi secara rutin. Seseorang yang mengalami sakit gigi akan merasakan nyeri di area gusi dan bisa menyebabkan pembengkakan.

Dan untuk para penderita disarankan untuk segera konsultasi pada dokter. Tetapi jika darurat Anda bisa menggunakan cara alami berikut untuk penanganan awal.

1. Air Garam

Air garam merupakan disinfektan alami yang dapat membersihkan sela-sela atau rongga-rongga di gigi kamu dari kotoran sisa makanan. Air garam juga dapat meredakan rasa nyeri dan meredakan pembengakakan.

Kamu bisa campurkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat. Lalu kamu bisa langsung gunakan untuk obat kumur kamu.

2. Teh

Teh sudah terkenal banyak manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya untuk pengobatan sakit gigi.

Namun disarankan untuk gunakan teh jenis pappermint. Karena jenis teh ini mengandung zat tannin yang berfungsi untuk meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri pada penderita sakit gigi.

3. Lemon

Siapa sangka bahwa ternyata lemon juga bermanfaat bagi kesehatan gigi loh. Keasaman yang dikandung dalam buah ini dinilai cukup efektif untuk mengatasi sakit gigi. Lemon juga mengandung antibakteri dan antiseptik tang terkandung di dalamnya.

Caranya kamu bisa gunakan perasan jeruk lemon yang diaplikasikan pada kapas dan kamu bisa gunakan aplikasikan pada gigi yang sakit.

4. Bawang

Bawang merah dan bawang putih sudah terkenal sebagai obat pereda sakit gigi. Karena di dalam bawang ini mengandung antiseptik dan antimikroba yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi.

Kamu bisa gunakan hancuran bawang putih atau bawang merah dan kamu bisa langsung aplikasikan secukupnya pada daerah gigi yang sedang mengalami nyeri.

5. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh sudah dipercaya sebagai obat alami untuk mengobati rasa sakit pada gigi sejak lama. Minyak cengkeh mengandung eugenol yang merupakan bahan antiseptik alami yang secara efektif dapat menghilangkan rasa nyeri dan pembengkakan pada gigi.

Caranya sangat mudah, kamu bisa teteskan minyak cengkeh di kapas. Lalu kamu bisa aplikasikan ke daerah yang mengalami pembengkakan dan nyeri sakit gigi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES