Gaya Hidup

4 Makanan Sehat Sebagai Pengganti Nasi

Jumat, 09 April 2021 - 01:34 | 69.29k
Ilustrasi kentang makanan pengganti nasi. (FOTO: Shutterstock)
Ilustrasi kentang makanan pengganti nasi. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sudah menjadi kebiasaan umum orang Indonesia bahwa jika belum makan nasi berarti maka dianggap belum makan. Padahal makan tidak melulu dengan nasi, apalagi bagi beberapa orang yang kondisinya harus membatasi porsi untuk memakan nasi seperti pengidap penyakit diabetes.

Akhir-akhir ini juga banyak orang yang memutuskan untuk mencari alternatif nasi sebagai makanan asupan pengganti karbohidrat mereka. Sebenarnya makanan pengganti nasi itu banyak dan sangat mudah untuk didapatkan. Melansir dari halodoc berikut adalah 4 makanan pengganti nasi yang sehat:

1. Kentang

Kentang sendiri saat ini mulai banyak orang yang menggunakannya sebagai pengganti nasi. Nasi dan kentang sama sama memiliki kandungan karbohidrat.

Namun berbeda dengan nasi, kentang memiliki lebih memiliki banyak nutrisi. Kentang sendiri memilki kandungan vitamin B6, C, kalium, protein, omega-6, omega-3, dan zat besi.

2. Jagung

Untuk alternatif selain kentang maka jagung adalah pilihan yang tepat. Jagung sendiri juga bisa menggantikan nasi dikarenakan makanan ini justru memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Jagung sendiri memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B1, B3, B5, B6, magnesium, vitamin C, dan fosfor.

3. Ubi

Makanan yang satu ini juga bisa menjadi alternatif pengganti nasi. Uniknya, ubi sendiri memiliki banyak cara pengolahan untuk dimakan, bisa dikukus, direbus, maupun digoreng. Selain memiliki banyak cara pengolahan, ubi juga ternyata bisa dicampur dengan bahan makanan lainnya.

Nutrisi dari ubi sendiri cukup beragam, makanan yang satu ini memiliki kandungan vitamin A, B6, C, beta-karoten, kalium. Oleh sebab itu, ubi juga bisa membantu untuk menjaga tulang hingga kesehatan jantung kita.

4. Singkong

Makanan yang memiliki rasa yang sangat enak ini sangat cukup mudah untuk dicari. Nyatanya, singkong bisa juga digunakan sebagai alternatif pengganti nasi. Singkong sendiri memiliki kandungan nutrisi yang tidak jauh beda dengan kentang.

Namun, ada hal yang berbeda dengan kentang, singkong ternyata mengandung zat kimia glikosida sianogen yang berfungsi untuk melepaskan sianida dalam tubuh. Oleh sebab itu, agar aman pastikan untuk membersihkan singkong sebelum dimakan supaya mencegah keracunan sianida.

Nah, tentu masih banyak makanan alternatif pengganti nasi yang lain seperti bihun dan lain lain. Hanya saja mengingat ke empat makanan ini sangatlah mudah dicari di Indonesia, maka akan memudahkan pembaca untuk menerapkan makan dengan pengganti nasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES