Pendidikan

Pojokrejo English Course, Kampung Inggris Pertama di Jombang

Kamis, 08 April 2021 - 17:40 | 167.56k
Suasana pembelajaran di Kampus Inggris Jombang, Desa Pojokrejo, Kesamben, Jombang (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Suasana pembelajaran di Kampus Inggris Jombang, Desa Pojokrejo, Kesamben, Jombang (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Berangkat dari kreativitas pemuda desa untuk memajukan kampung halaman. Sejumlah pemuda Desa Pojokrejo berhasil menggagas Pojokrejo English Course, kampung Inggris pertama di Jombang.

Kampung Inggris terletak di Dusun Gongseng, Desa Pojokrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang.

Ari Hakim (40), salah satu inisiator mengatakan, berdasarkan inisiatif pemuda desa dan alumni Kampung Inggris Pare, Kediri mereka berkeingingan meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Desa Pojokrejo.

Kampus Inggris Jombang 2

Setelah itu kami minta restu dan memohon arahan kepada pihak perangkat desa. Kemudian disetujui dan bekerjasama dengan kepala desa dan masyarakat desa untuk mendirikan Kampung Inggris di Desa Pojokrejo ini.

"Konsep yang kita bangun yaitu bagaimana mengenalkan anak-anak berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional," katanya kepada TIMES Indonesia saat mengajar anak-anak berbahasa Inggris, Kamis (8/4/2021).

Agar peserta didik mudah mempelajari bahasa Inggris, para tutornya menggunakan metode pengajaran dengan memadukan edukasi aktivitas keseharian mereka dengan berbahasa Inggris. Sseperti mengenalkan anak-anak dengan kepedulian alam, lingkungan, sampah, dan nilai kearifan lokal.

"Sistem belajar kita fleksibel kadang out door kandang in door. Agar anak-anak cepat paham kita belajar dengan menerapkan kehidupan keseharian mereka," jelasnya.

Sementara itu, Nursan (56) Kepala Desa Pojokrejo mengaku, sangat bangga kepada pemuda desa yang peduli terhadap pendidikan di desanya.

Kampus Inggris Jombang 3

"Tentu kami sangat mendukung, kami berharap dengan pendidikan yang berkualitas akan menumbuhkan pemimpin yang berkualitas juga dikemudian hari dari desa ini," katanya.

Untuk mengikuti kelas bahasa Inggris ini peserta didik juga tak perlu mengeluarkan biaya yang begitu mahal. Cukup dengan 50 ribu rupiah anak-anak sudah bisa belajar dan mengikuti kelas di Kampung Inggris ini.

"Biaya pendaftaran cuma 50 ribu, nantinya juga akan kembali ke anak-anak lagi untuk alat tulis dan media pembelajarannya. Untuk tutornya gratis dan suka rela biasanya ada uang relawan bagi yang mau donatur," ujarnya.

Pembelajaran di Kampung Inggris Jombang ini dibuka menjadi dua sesi yaitu sesi pagi tingkat usia pelajar SD sederajat dan kelas sore untuk usia dewasa.

Pihak desa juga akan memberikan beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi yaitu dengan memberikan baesiswa gratis belajar di Kampung Inggris Pare, Kediri sebagai motivasi peserta didik agar giat belajar.

"Karena tutor banyak alumni dari Pare, kita sudah bekerjasama dengan kampung Inggris di Pare untuk memberikan beasiswa kepada anak-anak yang berprestasi ke sana," bebernya.

Ia berharap Kampung Inggris 'Pojokrejo English Course' ini bisa menjadi daya tarik dan ikon Desa Pojokrejo sebagai desa pendidikan di Kabupaten Jombang. "Semoga bisa membawa nama baik desa dan menjadikan desa ini sebagai pusat desa pendidikan di Kabupaten Jombang," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES