Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Tak Batalkan Puasa, Ponorogo Lanjutkan Vaksinasi Covid-19 Selama Ramadan

Kamis, 08 April 2021 - 17:10 | 14.44k
Rahayu Kusdarini, Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo. (FOTO: Marhaban/TIMES Indonesia)
Rahayu Kusdarini, Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo. (FOTO: Marhaban/TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Ponorogo akan tetap digelar saat puasa di bulan Ramadan mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini Kamis (8/4/2021) mengatakan vaksinasi bakal tetap dilaksanakan di bulan puasa.Para penerima vaksin  saat puasa pun diminta mengikuti arahan. "Vaksinasi tidak membatalkan puasa" katanya.

vaksinasi

Kepala Dinas yang akrab dipanggil Irin ini juga menegaskan vaksinasi saat ini maupun bulan puasa tidak ada perubahan. "Dan pelaksanaanya tetap di mall Ponorogo City Center," jelas Irin.

Pelaksanaan vaksinasi tetap siang hari, karena jadwal vaksinator dilaksanakan dari pagi hingga sore sesuai dengan kedatangan para peserta. "Kalau dilaksanakan malam hari, vaksinator juga butuh istirahat dan beribadah," sebut Irin.

Irin menjelaskan tentang vaksinasi berlandaskan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang vaksinas saat berpuasa. Dalam fatwa itu disebutkan bahwa vaksinasi anticorona dilakukan dengan injeksi intramuskular (suntik) tidak membatalkan puasa.

Fatwa tersebut direkomendasikan MUI agar pemerintah dapat melakukan vaksinasi di bulan Ramadan demi mencegah penularan Covid-19.

"Dan vaksinasi yang akan dilakukan di bulan Ramadan ini nantinya akan disesuaikan dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang menjalankan puasa," jelas Irin.

Irin pun berharap kepada para peserta vaksinasi Covid-19 saat bulan Ramadan tetap datang sesuai jadwal. "Sebab fatwa MUI menyatakan vaksinasi tidak membatalkan puasa," tukas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES