Peristiwa Daerah

Diskominfo Majalengka Dorong Warga Tangkap Peluang Ekonomi Digital

Kamis, 08 April 2021 - 15:32 | 33.61k
Diskominfo Kabupaten Majalengka menggelar kegiatan program pendampingan untuk komunitas pegiat informasi. (FOTO: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)
Diskominfo Kabupaten Majalengka menggelar kegiatan program pendampingan untuk komunitas pegiat informasi. (FOTO: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka (Diskominfo Majalengka), Jawa Barat terus berupaya mengoptimalkan peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Kota Angin ini.

Salah satu upaya itu, melalui kegiatan program pendampingan untuk komunitas pegiat informasi dalam rangka menumbuhkan KIM yang mampu secara mandiri untuk kreatif dan inovatif dalam mengambil peluang di era ekonomi digital.

Kegiatan tersebut, diikuti puluhan pemuda yang tergabung di Karang Taruna, Kelurahan Cicenang, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, Kamis (8/4/2021)

komunitas-penggiat-informasi-2.jpg

Kepala Bidang Komunikasi, Aep Syarif Hidayat mengatakan, bahwa KIM secara prinsip memiliki peran sebagai mitra pemerintah dalam membantu menyebarluaskan informasi kebijakan pemerintah dan program pembangunan kepada masyarakat di lingkungannya.

Di samping itu, KIM juga secara aktif melalui proses kreatif dan inovatif memproduksi, mengembangkan dan memberdayakan informasi menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi, sehingga mampu memberikan nilai tambah.

"KIM bukan Kongres alias ngawangkong teu beres-beres, tapi ngariung puguh, puguh nu dibahasna, puguh hasilna, puguh tindak lanjutna," ujar Aef.

Menurutnya, KIM juga harus di proyeksikan untuk mampu memberdayakan informasi melalui pemanfaatan teknologi informasi. "Sehingga kita berharap dapat berdaya secara ekonomi dan mampu mengubah tantangan menjadi peluang di masa pandemi sekarang ini," harapnya.

komunitas-penggiat-informasi-3.jpg

Sementara itu, Kasie Kemitraan Media dan Komunikasi Publik, Deni Darmadi menambahkan, bahwa kegiatan ini tidak akan berhenti sampai disini, namun akan berkelanjutan melalui program dan kegiatan pendampingan yang secara rutin digelar setiap tahunnya.

"Kami memiliki 42 kali jadwal pendampingan untuk KIM selama tahun 2021 ini," jelasnya.

Di tempat yang sama, Lurah Cicenang menyampaikan, bahwa masyarakat di Kelurahan Cicenang memiliki potensi dan kreatifitas yang baik.

"Salah satu contohnya, ialah kreatifitas yang dilakukan para pemuda yang tergabung dalam kelompok Berkah Maju Lancar (BML) yang secara kreatif mampu mengubah Minyak Jelantah menjadi Lilin Aroma Therapi," Imbuhnya.

Sementara pada kegiatan Diskominfo Majalengka tersebut, juga diisi acara Workshop tentang audio visual yang di garap oleh Indie Postif sebagai trigger yang merangsang minat dan kreatifitas para pemuda di Kurahan Cicenang Kabupaten Majalengka untuk terus mengembangkan kapasitasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES