Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Dubes RI-Arab Saudi: Unisma Malang Dapat Menjadi Juru Bicara Islam Moderat

Kamis, 08 April 2021 - 11:33 | 44.02k
Webinar Internasional yang diadakan Unisma bersama Zuhairi Miswari Dubes RI untuk Arab Saudi.
Webinar Internasional yang diadakan Unisma bersama Zuhairi Miswari Dubes RI untuk Arab Saudi.
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANGUnisma Malang kembali menggelar webinar internasional, Rabu (7/4/2021) . Kali ini menganggkat tema “Islam Wasathiya Sebagai Basis Membangun Budaya dan Peradaban Untuk Perdamaian Dunia“ para peserta Webinar mendapatkan banyak sekali pemahaman baik mengenai Islam Moderat, tantangan paradigmatik, revitalisasi, hingga globalisasi Islam Moderat Indonesia.

Tema tersebut dipilih karena konflik agama yang akhir-akhir ini menjadi isu hangat di Indonesia baik lewat aksi teroris beberapa waktu lalu yang menewaskan korban jiwa dan kasus pemaksaan penggunaan hijab bagi siswi non muslim di salah satu SMK Negeri tidak terlepas dari pemahaman masyarakat terhadap agama dan kehidupan harmonis antar umat beragama. Sebagai negara dengan mayoritas masyarakatnya beragama muslim, Indonesia cukup baik jika dibandingkan negara-negara Timur Tengah yang tidak pernah absen dari peperangan.

Webinar yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung melalui YouTube itu menghadirkan Zuhairi Misrawi yang merupakan Dubes Republik Indonesia untuk Arab Saudi.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Tentunya keberagaman budaya dan agama hingga etnis di Indonesia tidak terlepas dari unsur kemajemukan dan kebhinekaan yang ada di Indonesia. Dengan kemajemukan yang ada di Indonesia dan keberhasilan dalam menjaga negara tetap bersatu menjadi bukti bahwa Indonesia tidak perlu dipertanyakan lagi dalam hal membina hubungan antar masyarakat bernegara.

Namun, dalam hal beragama terlebih masyarakat mayoritas beragama Muslim, perbedaan pendapat dapat memunculkan intoleransi dan disintegrasi di Indonesia. Melalui webinar ini  Zuhairi Miswari yang merupakan Dubes RI untuk Arab Saudi menjelaskan bahwa Pancasila adalah karya terbesar para pendiri bangsa dan para ulama dalam melindungi Indonesia dari konflik-konflik seperti yang terjadi di Timur Tengah. Selain itu menurutnya, Pancasila ialah karya terbesar dalam moderasi Islam.

Seperti yang diketahui bahwa paham Islam moderat mengajarkan kita memandang kehidupan bernegara dan beragama harus seimbang antara kebudayaan, agama, dan kebangsaan sehingga melahirkan peradaban yang maju sesuai perkembangan zaman maupun agamis secara spiritual.

Universitas Islam Malang selaku universitas yang ada di kalangan Nahdlatul Ulama sudah terbiasa akan Moderasi Islam yang ada di Indonesia selain itu sivitas akademika Unisma dibina untuk menjadi kader-kader Nahdlatul Ulama yang akan menjadi agen-agen penyebarluasan paham Islam Moderat baik di lingkungan nasional maupun internasional.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dengan adanya fakta ini, Zuhairi Miswari menitipkan pesan dan dukungan kepada Unisma mengenai pentingnya Unisma untuk menjadi juru bicara Islam Moderat dalam bingkai semangat keagamaan, kebangsaan, kebhinekaan, dan kemanusiaan.

Ia juga menuturkan bahwa Unisma yang bergerak di bidang pendidikan bisa menduniakan paham Islam moderat yang ada di Indonesia ke luar negeri lewat pembuatan buku-buku dan hasil penelitian yang nantinya akan diterjemahkan ke berbagai bahasa baik Inggris, Arab, Perancis, Jerman dan lain sebagainya.

Selain itu Dubes RI untuk Arab Saudi ini mendukung Unisma menjadi penggerak dalam pengadaan acara diskusi internasional mengenai isu-isu yang ada di dunia dan dihadapkan dengan Islam dan moderasi Islam.

"Unisma Malang harus di depan untuk jadi juru bicara Islam Moderat, kenapa? Karena Islam Moderat dalam NU merupakan Islam moderat yang kaffah baik secara akidah, fiqih, maupun tasawuf,“ kata Dubes RI-Arab Saudi Zuhairi Miswar. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Aprilia Dwi Rasdiyanti, Mahasiswa Jurusan Administrasi Negara Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES