Kopi TIMES

Quo Vadis KUA-PPAS

Kamis, 08 April 2021 - 12:44 | 13.75k
Quo Vadis KUA-PPAS
Moch Eksan, Pendiri Eksan Institute.

TIMESINDONESIA, JEMBER – Banyak pihak menyambut gembira penyerahan Ketentuan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Pemerintah 2021 oleh Bupati Jember Hendy Siswanto kepada DPRD Jember (Senin, 29/3/2021). Ini awal baik untuk pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) semenjak Jember tak punya dokumen anggaran resmi, kecuali Peraturan Kepala Daerah (Perkada) yang terbatas.

Bupati Hendy membuktikan ucapannya menyerahkan KUA-PPAS dengan segera untuk mempercepat pembahasan APBD Jember 2021. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, juga telah memerintahkan kepada bupati dan DPRD untuk mempercepat pembahasan anggaran, karena sudah sangat terlambat bila dibandingkan dengan 38 kabupaten/kota yang lain.

Soekarwo, anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), sewaktu jadi Gubernur Jawa Timur (2009-2019), selalu menyebut APBD sebagai dokumen politik dan ekonomi. Hal ini lantaran APBD merupakan politik anggaran serta anggaran pembangunan ekonomi daerah. Sehingga, APBD bukan hanya penting dan strategis tapi juga merupakan urat nadi bagi maju dan mundurnya sebuah daerah dimaksud.

Pemimpin baru Jember, mewarisi seabrek problematika daerah, baik karena Pandemi Covid-19 maupun sebab daerah yang salah urus. Dalam banyak hal, Jember tertinggal jauh dari Banyuwangi dan bahkan Lumajang, Bondowoso dan Situbondo. Untuk mengejar ketertinggalan tersebut, proses akselerasi merupakan sebuah keniscayaan.

Dari KUA-PPAS tergambar jelas, kemana arah pembangunan Jember. Bupati Hendy melakukan sinkronisasi 3 rencana pembangunan sekaligus: nasional, regional dan lokal. Sebab, Jember merupakan bagian wilayah tak terpisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Suka atau tidak, visi, misi, program dan kegiatan daerah harus mengacu pada rencana pembangunan nasional, Provinsi Jawa Timur, dan Kabupaten Jember itu sendiri.

Nampaknya, Bupati Hendy cepat bisa beradaptasi dan terbukti dapat menyajikan dokumen kebijakan anggaran, prioritas dan plafon anggaran sementara dengan apik. Prioritas pembangunan Presiden Joko Widodo dan Gubernur Khofifah, dapat diakomodir dengan baik, sembari tanpa melupakan visi, misi, dan programnya maju sebagai kepala daerah  pada Pilbup 2020 lalu.

Jamak terjadi, di semua tingkatan pemerintahan anggaran setiap tahun mengalami defisit. Jember 2021 juga tak terkecuali. Anggaran pendapatan lebih kecil dari pada anggaran belanja. Selisih kurang sebesar Rp 707.282.449.974 (tujuh ratus tujuh miliar dua ratus delapan dua juta empat ratus empat sembilan ribu sembilan ratus tujuh puluh empat rupiah). Kekurangan belanja ini dibiayai oleh penerimaan pembiayaan SILPA setelah dipotong dengan pengeluaran pembiayaan dana penyertaan modal.

Dari 9 belanja di atas, belanja yang bisa dirasakan publik adalah belanja subsidi, belanja hibah, belanja bantuan sosial, dan belanja modal. Selebihnya belanja birokrasi pemerintah, baik kabupaten maupun desa. Pada KUA-PPAS, belanja publik total sebanyak Rp 852.791.882.637 (delapan ratus lima puluh dua miliar tujuh ratus sembilan puluh satu juta delapan ratus delapan dua ribu enam ratus tiga puluh tujuh rupiah).

Sedangkan, belanja birokrasi, total sebanyak Rp 3.552.846.398.569 (tiga triliun lima ratus lima puluh dua miliar delapan ratus empat puluh enam juta tiga ratus sembilan puluh delapan ribu lima ratus enam puluh sembilan rupiah). Sehingga rasio belanja publik dan belanja birokrasi adalah 19.3 persen berbanding dengan 80.7 persen. 

Rasio belanja yang belum berimbang tersebut, dilatarbelakangi oleh tugas dan fungsi pemerintah daerah yang mengelola urusan wajib dan urusan pilihan. Urusan wajib ada yang bersifat konkuren dan menyangkut pelayanan dasar dan ada pula yang bukan.

Struktur pemerintahan tak sama dengan organisasi waralaba yang berorentasi untung dan beda pula dengan organisasi nirlaba yang berorientasi sosial. Dengan demikian, mengelola pemerintahan tak sama dengan mengelola perusahaan dan beda pula dengan mengelola yayasan sosial.

Jadi, kepala daerah dituntut pandai mencari pundi dana untuk pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat, dan semua program berdampak pada peningkatan kekayaan daerah. Sumberdaya manusia dan sumberdaya alam mendatangkan kemakmuran daerah. Inilah esensi Otonomi Daerah sebagai salah satu agenda reformasi 1998.

Ryaas Rasyid, begawan otonomi daerah Tanah Air, mengatakan bahwa pemimpin wajib mensejahterakan rakyat. Otonomi daerah didesain agar daerah mandiri mengatur pemerintah dan masyarakat atas prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat. Profesor alumni Hawaii University ini mengharuskan pemimpin piawai berkomunikasi dengan pemerintah di atas serta rakyat di bawah. Separuh kesuksesan program daerah bergantung pada kemampuan sang pemimpin meratakan jalan pelaksanaan pemerintahan berdasarkan etika dan kepemimpinan yang baik.

Diyakini, Bupati Hendy dan Wakil Bupati Gus Firjaun, menunjukkan kesungguhannya mewakafkan diri untuk kemajuan Jember. Seorang kepala daerah yang lebih senang gaji Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) naik, daripada gaji dan tunjangannya sendiri. Dengan beban resiko yang sangat berat sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah, alokasi gaji dan tunjungan bupati dan wakil bupati hanya sebesar Rp 906.224.426 (sembilan ratus enam juta dua ratus dua puluh empat ribu empat ratus dua puluh enam rupiah) dalam satu tahun.

Benar kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, "kepemimpinan yang terbaik adalah kepemimpinan dengan keteladanan. Perilaku kita adalah dakwah kita. Keteladanan kita adalah leadership kita". Wallahu a'alam bisshawab.

***

*Oleh: Moch Eksan, Pendiri Eksan Institute.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

***

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

EKORAN

TERBARU

  • Ingat, Delapan Hal yang Membatalkan Puasa
    Ingat, Delapan Hal yang Membatalkan Puasa
    14/04/2021 - 05:44
  • KKN Resmi Dibuka, IKHAC Terjunkan Mahasiswa Secara Mandiri
    KKN Resmi Dibuka, IKHAC Terjunkan Mahasiswa Secara Mandiri
    14/04/2021 - 05:32
  • Experience an Exotic Taste of Coffee at Kopine Eyang Potro Sleman
    Experience an Exotic Taste of Coffee at Kopine Eyang Potro Sleman
    14/04/2021 - 05:22
  • These Museums of Malang Could be a Perfect Place to Spend Your Spare Time
    These Museums of Malang Could be a Perfect Place to Spend Your Spare Time
    14/04/2021 - 04:58
  • Chicken Monster, Menu Baru Hotel ibis Styles Malang
    Chicken Monster, Menu Baru Hotel ibis Styles Malang
    14/04/2021 - 04:23

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Kesederhanaan Hidup dalam Ikatan Hak dan Kewajiban
    Kesederhanaan Hidup dalam Ikatan Hak dan Kewajiban
    13/04/2021 - 12:33
  • Program Satu Hari Tanpa Nasi Kab Malang
    Program Satu Hari Tanpa Nasi Kab Malang
    13/04/2021 - 10:08
  • Ngopi Pagi: Kemuliaan Ramadhan
    Ngopi Pagi: Kemuliaan Ramadhan
    13/04/2021 - 06:24
  • Terorisme dan Politik Global (4)
    Terorisme dan Politik Global (4)
    13/04/2021 - 06:00
  • Rendahnya Kemampuan Menulis Masyarakat Indonesia
    Rendahnya Kemampuan Menulis Masyarakat Indonesia
    12/04/2021 - 17:23
  • Melestarikan Folklor Melalui Peran Digital
    Melestarikan Folklor Melalui Peran Digital
    12/04/2021 - 16:33
  • Bersuka Cita Menyambut Bulan Suci Ramadan
    Bersuka Cita Menyambut Bulan Suci Ramadan
    12/04/2021 - 15:44
  • Gagasan Perubahan  Kelima UUD NRI 1945 Keinginan Elit Atau Rakyat?
    Gagasan Perubahan  Kelima UUD NRI 1945 Keinginan Elit Atau Rakyat?
    12/04/2021 - 14:26

KULINER

  • Ngabuburit Sambil Berburu Takjil di Alun-Alun Kota Banjar
    Ngabuburit Sambil Berburu Takjil di Alun-Alun Kota Banjar
    13/04/2021 - 22:23
  • Cocok untuk Teman Ngopi, Kue Kering Jahe My Husband Menyehatkan dan Menghangatkan Tubuh
    Cocok untuk Teman Ngopi, Kue Kering Jahe My Husband Menyehatkan dan Menghangatkan Tubuh
    13/04/2021 - 22:16
  • Bani Food Court Cafe dan Resto Luncurkan Aneka Menu Ramadan
    Bani Food Court Cafe dan Resto Luncurkan Aneka Menu Ramadan
    13/04/2021 - 15:43
  • Susu Sapi Murni Baik untuk Jantung, Ini Info Penting dari SuPiNi Madiun
    Susu Sapi Murni Baik untuk Jantung, Ini Info Penting dari SuPiNi Madiun
    13/04/2021 - 14:58
  • Lima Minuman Berbuka Puasa yang Menyegarkan dan Bervitamin
    Lima Minuman Berbuka Puasa yang Menyegarkan dan Bervitamin
    13/04/2021 - 14:49