Peristiwa Nasional

Sejarah Hari Ini: 8 April, Mengenang Paus Yohanes II

Kamis, 08 April 2021 - 11:12 | 90.08k
Paus Yohanes II. (foto: Kompas)
Paus Yohanes II. (foto: Kompas)

TIMESINDONESIA, JAKARTASejarah hari ini akan membahas sosok Paus Yohanes Paulus II, pemimpin tertinggi Gereja Katolik yang pada 8 April 2005 dimakamkan di Italia.  Lebih dari tiga juta orang yang menyesaki Basilika St Petrus, tempat Paus asal Polandia itu dimakamkan. 

Peristiwa penting lainnya yang terjadi pada 8 April adalah, meninggalnya penyanyi Indonesia Gren Fredly dan fenomena Supermoon:

2005: Upacara Pemakaman Paus Yohanes Paulus II

sejarah hari iniPaus Yohanes Paulus II. (Shutterstock)

Paus Yohanes Paulus II yang memiliki nama Jozef Wojtyla meninggal pada 2 April 2005 dan dimakamkan pada 8 April 2005.

Dirinya dipilih oleh gereja Katolik sebagai seorang Paus untuk mengantikan Yohanes Paulus I yang meninggal dunia. Paus Paulus Yohanes I meninggal karena serangan jantung, saat baru menjabat Paus selama 33 hari

Sedangkan Pelantikan Wojtyla sebagai seorang Paus dilakukan pada 22 Oktober 1978. Saat itu, Wojtyla yang lahir di Polandia 18 Mei 1920 berusia 58 tahun.

Dalam perjalanannya menjadi pemimpin tertinggi gereja Katolik, Paus Yohanes II juga dikenal sebagai pembela Hak Asasi Manusia, penentang keditaktoran dan juga sebagai orang yang sangat pemaaf. 

Sosok pemaaf merujuk pada sikap Paus Yohanes II yang secara terbuka memaafkan pelaku penembakan dirinya pada Mei 1981. Ketika itu, Paus Yohanes II ditembak dari jarak dekat di St Peter's Square. Dalam peristiwa itu, dua peluru mengenai jari dan perutnya. Ini membuat Paus menjalani operasi besar, termasuk harus kehilangan sebagian ususnya.
 
Paus Yohanes II juga diketahui menggunakan pengaruhnya untuk mengakhiri era komunisme di negara asalnya Polandia. 

Wojtyla tercatat sebagai Paus non-Italia pertama dalam 455 tahun terakhir. Paus Yohanes Paulus II juga tercatat sebagai pemimpin tertinggi umat dan Gereja Katolik selama 26 tahun (jabatan terlama kedua. Paus Pius IX menjabat pada kurun 1846-1878 atau selama 32 tahun) hingga 2 April 2005, saat dia berpulang di usia 84 tahun. 

Selama menjadi pemimpin tertinggi umat Katolik dunia, Paus Yohanes Paulus II pernah mengunjungi 129 negara. Indonesia salah satunya.
 
Paus Yohanes Paulus II berkunjung ke Indonesia pada 1989. Dia sempat berhotbah di Stadion Gelora Bung Karno (waktu itu bernama Stadion Utama Senayan) yaitu pada 9 Oktober 1989.

Dikutip dari Kompas, dalam kunjungan kehormatan ke Istana Negara dan bertemu Presiden Soeharto, Senin (9/10/1989), Paus menyatakan pula kekaguman pada falsafah Pancasila dan toleransi masyarakat Indonesia terhadap sesama umat beragama.

2020: Wafatnya Glenn Fredly

sejarah hari ini bGlenn Fredly meninggal dunia. (foto: Republika)

Kabar duka datang dari tanah air. Musisi Glenn Fredly menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati pada usia 44 tahun. Dilansir dari berbagai sumber, pelantun Kisah Romantis ini menderita radang selaput otak yang akhirnya merenggut nyawanya. 

Sebelum wafat, pria kelahiran 30 September 1975 ini sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit. Pada tanggal 5 April, Glenn Fredly meminta untuk dipertemukan dengan ayahnya seakan ingin ‘pamit’. Tidak kalah menyedihkan, seorang istri Glen Fredly Mutia Ayu mengatakan jika hal yang paling membahagiakan bagi suaminya sebelum pergi adalah ketika dirinya melihat sang buah hati lahir.

2020: Fenomena Purnama Perige (Supermoon) 

sejarah hari ini cFenomena Purnama Perige. (foto: sciencealert)

Tepat pada Rabu, 8 April 2020, pukul 01.08 dini hari bulan berada pada jarak 356.910 km dari bumi. Hal ini membuat bulan tampak lebih besar dari biasanya. Supermoon tahun 2020 terjadi sebanyak tiga kali. Pertama pada tanggal 10 Maret, kedua tanggal 8 April, terakhir diprediksi pada tanggal 7 Mei. Dilansir dari bmkg.go.id, supermoon pada tahun 2020 ini puncaknya adalah pada 8 April tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES