Peristiwa Nasional

Cegah Penularan Covid-19 di Pengungsian, BNPB Tidak Bangun Hunian Sementara

Kamis, 08 April 2021 - 09:50 | 22.76k
Kepala BNPB Doni Monardo memberikan keterangan terbaru bencana alam Banjir Bandang di NTT. (Foto: Tangkapan layar zoom meeting)
Kepala BNPB Doni Monardo memberikan keterangan terbaru bencana alam Banjir Bandang di NTT. (Foto: Tangkapan layar zoom meeting)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan memberikan bantuan uang sebesar Rp500 ribu per keluarga setiap bulan kepada korban banjir bandang di NTT.

"Kami meminta para pimpinan daerah untuk mempercepat proses usulan pola penanganan terhadap warga yang berada di pengungsian kepada Pemerintah Pusat melalui BNPB, agar BNPB dapat menyalurkan dana sebesar Rp 500 ribu per keluarga untuk setiap bulannya," ucap Kepala BNPB Doni Monardo dalam konferensi persnya, pada Rabu (07/04/2021) malam.

Doni mengungkapkan, hal ini dilakukan agar tempat-tempat pengungsian ini tidak menimbulkan masalah baru yaitu Covid-19. Selain itu BNPB juga tidak akan membangun Hunian Sementara (Huntara).

"Ini semata-mata untuk proses masyarakat yang terdampak tidak berada di Huntara tetapi bisa menyewa rumah keluarga atau saudara terdekat, sehingga resiko akan terpapar Covid-19 bisa kita kurangi," jelasnya.

Sebagai upaya pencegahan Penularan Covid-19, Kementerian Kesehatan bersama BNPB telah menyalurkan puluhan ribu swab antigen yang diprioritaskan ke daerah yang resiko penularannya tinggi yaitu di tempat-tempat pengungsian.

"Kami serahkan pendistribusiannya kepada Pemerintah Provinsi sehingga pemerataan swab antigen ini bisa berjalan lebih baik," tandas Kepala BNPB Doni Monardo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES