Ekonomi

Momentum Kepemimpinan Baru, Kadin Indramayu Fokus Pemberdayaan UMKM

Rabu, 07 April 2021 - 23:07 | 52.88k
Pelantikan secara simbolis Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indramayu. (FOTO: Diskominfo Indramayu)
Pelantikan secara simbolis Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indramayu. (FOTO: Diskominfo Indramayu)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Indramayu akan fokus memberdayakan pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) sebagai pilar penting ekonomi Indonesia. 

Hal itu diungkapkan Mulyadi Cahya, usai terpilih sebagai Ketua Kadin Indramayu dalam Muskab VII, di Hotel Trisula, Indramayu, Rabu (7/4/2021).

"Starting point sebagai pengurus baru, Kadin Indramayu akan memberdayakan UMKM, kita kembangkan potensi-potensi unggulan daerah," ujar Mulyadi kepada TIMES Indonesia.

UMKM, menurut Mulyadi, merupakan tonggak penting ekonomi Indonesia. Terlebih, di masa pandemi, peran UMKM sangat besar dalam rangka menggeliatkan ekonomi masyarakat.

"Kita berdayakan agar lebih berkembang melalui kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk, akses modal sampi ke pemasaran," ujar pria kelahiran Palembang Sumatera Utara itu.

Ia menilai, potensi UMKM Indramayu sangat besar dan mampu bersaing dalam dunia industri. Bahkan, dalam jangka panjang, pihaknya mendorong agar UMKM naik kelas untuk bisa ekspor.

"Termasuk kita juga akan mengundang investor untuk juga mengembangkan UMKM unggulan kita," ujar pria yang juga menjabat Ketua Gabungan Pelaksana Kontruksi (Gapensi) Kabupaten Indramayu tersebut.

Mulyadi mengakui jika selama beberapa tahun terakhir, Kadin Indramayu kurang maksimal dalam mrnjalankan fungsi organisasinya. Karenanya, momentum kepemimpinan baru dapat menjadi awal untuk menguatkan peran Kadin dalam pemberdayaan para pelaku usaha.

Kadin akan menjadi rumah besar bagi pengusaha baik skala kecil, menengah, maupun besar.

"Kita akan mengupayakan elaborasi antara Pemkab, Kadin dan pelaku usaha agar menjadi sinergi yang baik dan berdampk positif bagi masyarakat," ujar Mulyadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES