Indonesia Positif

Orientasi Mabigus Gerakan Pramuka Angkatan 1 Ciamis

Rabu, 07 April 2021 - 23:27 | 94.21k
Sekda Ciamis bersama para Mabigus Pramuka (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)
Sekda Ciamis bersama para Mabigus Pramuka (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Dalam kegiatan orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Gerakan Pramuka Angkatan 1 Kabupaten Ciamis, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Tatang memberikan beberapa pesan penting.

Hal Itu berkaitan dengan tugas dan pokok Mabigus agar mampu mendukung dan mengupayakan fasilitas anggaran serta sarana dan prasarana untuk kegiatan kepramukaan.

“Jadi, Mabigus harus bisa memberi bimbingan dan konsultasi untuk Gudep (Gugus Depan) dalam menyelesaikan masalah-masalah kegiatan kepramukaan, organisatoris, materil dan finansialnya,” paparnya, Rabu (7/4/2021).

Sekda-Ciamis-bersama-para-Mabigus-Pramuka-2.jpgPara anggota orientasi Mabigus Gerakan Pramuka angkatan 1 Ciamis (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)

Menurutnya, ada tiga fungsi pokok Mabigus dalam gerakan Pramuka, yaitu yang terdiri dari fungsi bimbingan, fungsi partisipasi dan fungsi bantuan.

"Maka, dalam fungsi bimbingan, Mabigus ikut menentukan arah kegiatan Kepramukaan di Gugus Depan terhadap ketentuan dalam perundang-undangan dan AD/ART Gerakan Pramuka," urainya.

Selanjutnya, dalam partisipasi, Mabigus harus selalu berpartisipasi aktif dalam segala kegiatan dan pengembangan Gerakan Pramuka secara aktif. Terakhir, Mabigus mengusahakan fasilitas-fasilitas, moril, finansial, maupun materil yang dibutuhkan sebagai fungsi bantuan.

Sekda-Ciamis-bersama-para-Mabigus-Pramuka-3.jpgSekda Ciamis memberikan pesan penting terkait tugas pokok Mabigus (FOTO: Humas Kabupaten Ciamis)

“Maka, setiap Mabigus harus paham akan ketiga tugas pokoknya, sebagai upaya memajukan Gerakan Pramuka di Gudep-nya masing-masing,” jelasnya.

Tatang menjelaskan, untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok Gerakan Pramuka, setiap gugus depan, satuan karya dan kwartir agar membentuk Majelis Pembimbing. Selain itu, anggotanya memiliki unsur tokoh pemerintah dan masyarakat yang mampu memberikan bimbingan, bantuan, konsultasi dan menjalin kerja sama antar pihak.

“Jadi, kedudukan majelis pembimbing cukup strategis dalam memberikan kontribusinya kepada jajaran Gerakan Pramuka. Sehingga, perlu diberdayakan secara optimal untuk kemajuan Gerakan Pramuka,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES