Peristiwa Nasional

Erick Thohir Ajak Masyarakat Beralih ke Kompor Listrik

Rabu, 07 April 2021 - 19:19 | 24.08k
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Dok.TIMES Indonesia)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir baru-baru ini mengajak masyarakat agar beralih menggunakan kompor listrik, Rabu (7/4/2021). 

Dengan beralih dari kompor gas ke kompor listrik, ibu rumah tangga mampu hemat pengeluaran sekitar 20 persen setiap bulan. 

Kementerian BUMN telah memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN dengan BUMN karya dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait program kompor listrik.

Kementerian BUMN dan PLN bahkan melakukan uji coba efisiensi penggunaan energi dikonversi dengan biaya pemakaian. 

"Sama yang disampaikan toh rakyat diuntungkan, yang rata-rata biaya memasak di rumah Rp 147 ribu per bulan, dengan kompor listrik menjadi Rp 118 ribu per bulan, hemat lagi 20 persen. Jadi kan sama-sama untung. Jadi pemerintah untung, rakyat untung toh buat kita semua yang namanya ketahanan energi," kata Erick Thohir. 

Dilansir dari Idxchannel.id pada skala makro, penggunaan 15 juta kompor listrik akan mengakselerasi pengurangan impor LPG di dalam negeri. Saat ini pemerintah tengah berupaya mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional dengan mengurangi impor dan meningkatkan kapasitas pasokan energi di dalam negeri.

Karena itu, intesitas masyarakat menggunakan kompor listrik menjadi bagian dari partisipasi masyarakat dalam mendukung program pemerintah di sektor energi tersebut. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES