Pemerintahan

Terima Predikat ODF, Wali Kota Blitar: Kado Terbaik Hari Jadi Kota Blitar

Rabu, 07 April 2021 - 18:58 | 26.82k
Wali Kota Blitar Santoso menerima sertifikat penghargaan ODF atau Open Defecation Free dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (FOTO: Humas Pemkot Blitar) 
Wali Kota Blitar Santoso menerima sertifikat penghargaan ODF atau Open Defecation Free dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (FOTO: Humas Pemkot Blitar) 

TIMESINDONESIA, BLITARKota Blitar mendapat predikat sebagai daerah ODF atau Open Defecation Free. Penghargaan itu diperoleh dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa atas keberhasilan Pemkot Blitar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak Buang Air Besar (BAB) sembarangan khususnya di sungai.

Penghargaan itu berdasarkan hasil verifikasi tim Dinas Kesehatan Provinsi Jatim. 

"Mudah-mudahan ini menjadi pemacu semangat kami untuk bekerja lebih baik lagi. Penghargaan ini merupakan kado terbaik tepat di Hari Jadi Kota Blitar," ujar Wali Kota Blitar Santoso, Rabu (7/4/2021). 

Menurut Santoso, penghargaan itu tidak lepas dari peran masyarakat yang telah sadar akan lingkungan. Bukan hanya peran pemkot maupun Dinkes Kota Blitar.
Ia bersyukur, kesadaran masyarakat untuk tidak BAB sembarangan terutama di sungai sudah meningkat. 

"Kami berharap Kota Blitar terbebas dari kebiasaan buruk BAB sembarang. Sehingga bisa mempertahankan predikat ini," urainya. 

Santoso menguraikan, BAB sembarangan merupakan kebiasaan buruk yang harus segera dihilangkan. Sebab, tidak hanya berdampak buruk pada lingkungan tetapi juga kesehatan. Terlebih, saat ini masih di tengah pandemi Covid-19, menjaga kebersihan dan kesehatan adalah salah satu hal penting. 

"Bila lingkungan dan masyarakat bersih maka kesehatan juga semakin terjaga," tegas Wali Kota Blitar Santoso usai Pemkot Blitar menerima predikat sebagai daerah ODF. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES