Peristiwa Daerah

Tingkatkan Layanan Sanitasi, Bupati Malang Abah Sanusi Resmikan IPAL Komunal

Rabu, 07 April 2021 - 17:44 | 28.34k
Bupati Malang Abah Sanusi ketika menandatangani prasasti tanda peresmian. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia).
Bupati Malang Abah Sanusi ketika menandatangani prasasti tanda peresmian. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANGBupati Malang Abah Sanusi (Drs HM Sanusi MM) meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL Komunal di Desa Babadan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang pada Rabu (7/4/2021).

Fasilitas Ipal Komunal yang bersumber dari APBN dengan anggaran sekitar Rp 500 juta ini bertujuan untuk meningkatkan layanan sanitasi khususnya di desa tersebut.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Malang Abah Sanusi. Kemudian orang nomor satu di Pemkab Malang tersebut meninjau Fasilitas IPAL Komunal.

Bupati Malang Abah Sanusi mengatakan, IPAL Komunal tersebut merupakan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS). Sehingga pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat.

"IPAL Komunal ini dikelola oleh Kelompok Pemanfaat yang bertugas dalam pengelolaan dan pemeliharaan. Sehingga diharapkan program ini dapat terus berkelanjutan dan terpelihara," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan, Program ini merupakan wujud upaya Pemkab Malang dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan. Khususnya dalam bidang sanitasi.

Sanusi-3.jpgBupati Malang Abah Sanusi ketika meninjau IPAL Komunal. (Foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

Selain itu, program tersebut kata dia, merupakan implementasi dari Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK) yang juga bagian dari Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman (PPSP) yang digalang oleh Pemerintah Pusat.

"Ini dalam rangka mempercepat Pembangunan di bidang sanitasi dan pemenuhan capaian atas target Sustainable Development Goals 2030  atau SDG'S 2030," ungkapnya.

Dimana salah satu indikatornya adalah kemudahan atas akses air bersih dan sanitasi. "Sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan mencegah stunting," sebutnya.

"Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Malang akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan pemberian akses universal dan adil terhadap kebutuhan air minum yang aman dan terjangkau," kata Politisi PDI Perjuangan ini.

Bupati Malang Abah Sanusi menyebutkan, selain IPAL Komunal, Desa Babadan, Kecamatan Ngajum nantinya juga mendapat Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat atau SPALD-T yang tujuannya sama yakni meningkatkan pelayanan sanitasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES