Ekonomi

Asosiasi UMKM Sidayu Gresik Fasilitasi Anggota Agar Mendapatkan Izin Usaha

Rabu, 07 April 2021 - 16:47 | 58.73k
Asumsi saat menggelar kegiatan (Foto: Asosiasi UMKM Sidayu for TIMES Indonesia)
Asumsi saat menggelar kegiatan (Foto: Asosiasi UMKM Sidayu for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKAsosiasi UMKM Sidayu (Asumsi) di Kabupaten Gresik Jawa Timur memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil menengah di wilayahnya untuk mendapatkan izin usaha lewat SOS (Online Single Submission). 

Hal ini dilakukan karena sejumlah pelaku usaha masih belum paham terkait pendaftaran terintegrasi lewat ponsel. Maka dari itu, asumsi sebagai wadah perkumpulan pelaku usaha mencoba berkontribusi.

Ketua Asumsi, Hidayat mengatakan sejumlah program kerjanya sejalan dengan visi-misi Nawakarsa Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah dalam memberdayakan UMKM.

"Kita memberikan pelatihan pada anggota untuk pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) melalui laman atau website BKPM dalam pelayanan Online Single Submission (OSS)," katanya, Rabu (7/4/2021).

Dikatakan Hidayat, hal ini penting untuk memenuhi beberapa persyaratan dalam pembuatan Hak Merek dan Halal. Targetnya, seluruh anggota bisa memiliki merek dagang sehingga bisa berproduksi optimal.

"Untuk beberapa minggu ke depan kita juga ada pelatihan terkait desain kemasan produk dan pelatihan digital marketing," terangnya.

Pria yang juga dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Gresik ini menyatakan, pihaknya mempersiapkan program-progam agar pelaku usaha bisa terlatih dan memiliki produk unggulan yang dapat bersaing.

Pada program sebelumnya, Hidayat susah menjalankan program di bidang sosial yakni berupa bagi-bagi 200 masker gratis untuk pedagang di Pasar Sidayu.

"Di masa pandemi Covid dan juga melakukan kegiatan santunan anak yatim, duafa’ dan penyandang disabilitas," tambah Ketua Asosiasi UMKM Sidayu Gresik fasilitasi anggota mendapatkan izin usaha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES