Peristiwa Daerah

SIG Salurkan Bantuan Rp 700 Juta di Cilacap dan Banyumas

Rabu, 07 April 2021 - 15:42 | 22.74k
Pembangunan talud penahan longsor dikerjakan dengan tenaga lokal dan membuka lapangan kerja. (FOTO: Dok SBI Cilacap for TIMES Indonesia)
Pembangunan talud penahan longsor dikerjakan dengan tenaga lokal dan membuka lapangan kerja. (FOTO: Dok SBI Cilacap for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) yang didukung anak perusahaan PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) menyalurkan  bantuan untuk berbagai pembangunan di Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (7/4/2021).

Bantuan tersebut merupakan salah satu program SIG Peduli senilai Rp 2,33 miliar pada 2021. Dukungan senilai Rp 2,33 miliar itu terbagi untuk Cilacap sebesar Rp 1,63 miliar dan Banyumas sebesar Rp 700 juta.

Dan bantuan ini akan diperuntukkan bagi pembangunan drainage (saluran air), rabat beton sepanjang 140 meter, pengaspalan jalan sepanjang 530 meter, talud pencegah longsor, jalan rabat beton, paving Pondok Pesantren Ainul Huda, renovasi gedung, dan alat kesenian gamelan Jawa.

Pembangunan talud penahan longsor

Semua pekerjaan dilakukan dengan melibatkan masyarakat setempat, dengan tujuan meningkatkan rasa memiliki (ownership) serta membantu membuka lapangan kerja dan menjaga budaya dan kesenian Jawa.

Bantuan CSR perusahaan ini disalurkan kepada masyarakat, dengan harapan menjadi bagian dari program pemerintah untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi Covid-19. Bantuan sarana dan prasarana terutama untuk membantu kelancaran roda ekonomi masyarakat di desa.

"Tentu nanti akan ada pekerjaan dan menyerap tenaga kerja lokal, di sisi lain ini bentuk kepedulian kami untuk membantu masyakat membangun desanya agar lebih baik," terang Edy Saraya, General Manager of CSR SIG.

Pada tahun 2020, SIG telah menyalurkan bantuan di Kabupaten Cilacap berupa pembangunan saluran air dan tanggul penahan longsor, pengaspalan jalan, dan bantuan pendidikan senilai Rp 503 juta untuk mendukung pemulihan ekonomi dan peningkatan pendidikan masyarakat di saat pandemi Covid-19.

Pembangunan talud penahan longsor a

Untuk bantuan tahun 2021 sebagian sudah dilaksanakan dan sebagian lainnya masih dalam tahap pengerjaan. Diharapkan, awal Ramadan, seluruh pekerjaan bisa diselesaikan dan membawa manfaat untuk masyarakat secara umum.

"Bantuan atau dukungan SIG sangat tepat dan bermanfaat bagi warga kami. Jalan adalah infrastruktur yang kami butuhkan saat ini, dan dengan adanya pengaspalan membuat jalan di tempat kami jadi lebih nyaman dan menyerap tenaga kerja," ungkap Sukirah, Kepala Desa Cindaga, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES