Pemerintahan

Resmi Diluncurkan, Ini Layanan yang Bisa Diurus di Mal Pelayanan Publik Gresik

Rabu, 07 April 2021 - 15:19 | 177.54k
Kedua mempelai saat menikah di Mal Pelayanan Publik (Foto: Humas Pemkab Gresik for TIMES Indonesia).
Kedua mempelai saat menikah di Mal Pelayanan Publik (Foto: Humas Pemkab Gresik for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Segala bentuk pelayanan masyarakat bisa diurus di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Mulai dari pengurusan KTP, KK, perizinan usaha, pembuatan SKCK, hingga akad nikah. 

Seperti yang terjadi pada Rabu (7/4/2021) siang, Jamin (58) dan Siti Asiah (53) warga Desa Banjaragung Kecamatan Balongpanggang melakukan akad nikah di Balai Nikah Mal Pelayanan Publik Gresik.

Mereka menikah di sela Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani beserta jajaran Kemenpan RB melakukan grand launching MPP. Dalam kesempatan itu, pria yang karib disapa Gus Yani menjadi saksi akad nikah tersebut.

Mal Pelayanan Publik

"Karena sudah menikah, KTP baru yang telah dirubah statusnya menjadi kawin langsung jadi dan kami serahkan," ujar Gus Yani sambil menyerahkan KTP baru kedua pasangan sekaligus dua buku nikah.

Saat ditanya wartawan, apakah MPP bisa dipakai sebagai tempat akad nikah di kemudian hari. Gus Yani menjawab, bisa. Bahkan bupati muda ini bakal melengkapi beberapa fasilitas yang dibutuhkan.

Selain balai nikah, Gus Yani menyatakan di MPP Grdsik beberapa gerai layanan lain juga ada. Terdapat 22 perwakilan kantor dinas yang ada di Gresik. Menurut Gus Yani, Grand Launching kali ini setelah pada 15 September 2019 sudah di Soft Launching. 

"Saat itu saya selaku Ketua DPRD Gresik hadir pada soft Launching," katanya, Ketika memberikan sambutan pada Grand Launching kali ini.

Pada kesempatan itu, Gus Yani berharap setelah diresmikan MPP ini bisa meningkatkan investasidengan berbagai kemudahan. Intinya ada peningkatan pelayanan birokrasi terutama di bidang perizinan dan pelayanan publik.

"Perizinan harus benar-benar cepat. Kita buka investasi seluas-luasnya agar Investasi mengalir dan bisa memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Mulyanto menuturkan jika Mal Pelayanan Publik Gresik merupakan upaya pemerintah daerah dalam memberikan layanan ke masyarakat.

Diterangkan Mulyanto, gedung yang berada di sebelah timur kompleks Kantor Bupati Gresik ini sangat luas. Ruangannya nyaman serta memanjakan masyarakat. Fasilitasnya pun lengkap serta layak anak dan disabilitas.

"Ada puluhan gerai yang siap melayani masyarakat mulai perizinan satu pintu, layanan kepolisian, bank, BPJS, Kemenag, pengadian negeri, kejaksaan, disnaker, BPN hingga administrasi kependudukan. Bahkan akad nikah bisa di sana," tutur Mulyanto terkait Mal Pelayanan Publik Kabupaten Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES