Peristiwa Daerah

Cegah Konflik, Komponen Masyarakat Sumsel Dibekali Komunikasi AGHT

Rabu, 07 April 2021 - 14:56 | 28.90k
Pembinaan Komunikasi AGHT di KOREM 044 Gapo (Foto: KOREM 044 for TIMES Indonesia)
Pembinaan Komunikasi AGHT di KOREM 044 Gapo (Foto: KOREM 044 for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Demi mencegah konflik sosial di tengah masyarakat, sejumlah komponen masyarakat dibekali kemampuan komunikasi AGHT (ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan) oleh Korem 044/Gapo.

Kasrem 044/Gapo Kolonel Inf Grandy Mangiwa melaksanakan komunikasi sosial bersama komponen masyarakat di wilayah Korem 044/Gapo, Rabu (7/4/2021) di Balai Prajurit MaKorem 044/Gapo dengan Tema 'Peran Seluruh Komponen Masyarakat dalam mencegah konflik sosial di wilayah Provinsi Sumatera Selatan'.

AGHT B

Turut hadir dalam kegiatan komsos tersebut Kol Arm Immer H.P Butar Butar S IP, MM Ketua Tim dari SINTELAD, Kasi Intel Kasrem 044/Gapo Kolonel Inf Efran Herriyanto, SH, Kasiter Kasrem 044/Gapo Letkol Inf Arif Susanto. 

Kemudian sebagai pembicara Kabid OPS Pol PP Prov Sumsel Ferdian Mulian, SH dan Ketua Komisi Bidang Pendidikan dan Kader MUI Sumsel Dr. H Fajri Ismail, MA di pandu oleh Moderator Fatkurohman, S Sos Jurnalis TIMES Indonesia di Palembang.

Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji S IP, S Sos dalam sambutannya yang di wakili oleh Kasrem 044/Gapo Kolonel Inf Grandy Mangiwa  mengatakan akhir-akhir ini sedang dihadapkan berbagai ujian dan tantangan.

Semua itu bisa berbentuk masalah pandemi Covid-19, bencana alam, aksi teroris, masalah ekonomi, pengangguran, penyebaran ajaran agama menyimpang, maupun persoalan lainnya yang berpotensi munculnya konflik sosial di tengah masyarakat.

"Maka dari itu melalui kegiatan ini diharapkan segenap komponen  masyarakat dapat mencegah ancaman konflik sosial yang dapat  terjadi di Provinsi Sumatera Selatan,"ungkapnya.

Sementara itu, Assintel Kasad  yang diwakili oleh ketua Tim Kolonel Arm Immer H.P.Butar Butar, S IP, MM, mengatakan Negara yang memiliki keberagaman suku, agama, ras dan budaya pada bangsa yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat kondisi tersebut.

"Maka dapat membawa dampak bagi kehidupan masyarakat apabila terdapat ketimpangan pembangunan kesenjangan sosial dan ekonomi serta adanya dinamika kehidupan politik sejak Proklamasi Kemerdekaan dari ancaman yang membahayakan keamanan Nasional mulai dari pemberontakan, separatisme, terorisme Nasional yang mengakibatkan terganggunya stabilitas keamanan Bangsa,” ungkapnya.

Di samping itu, lanjutnya transisi demokrasi dalam tatanan dunia yang semakin terbuka mengakibatkan dinamika sosial termasuk kondisi tersebut menempatkan Indonesia sebagai salah satu Negara yang baik dalam mengatasi keamanan yang baik dan kondusif tetap terjaga.

AGHT C

"Serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terencana dalam kelas yang baik sebelum pada saat maupun sesudah terjadinya konflik yang mencakup tentang ketika dan pemulihan pasca konflik dalam masyarakat mengembangkan sistem peringatan dini yang baik,"terangnya dalam pembekalan komunikasi AGHT terhadap kompnen masyarakat Sumsel. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES