Peristiwa Daerah

Mal Pelayanan Publik Gresik Dilaunching, Urus Perizinan Semakin Mudah

Rabu, 07 April 2021 - 13:54 | 49.72k
Kemenpan-RB bersama Bupati Fandi Akhmad Yani saat melaunching MPP Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Kemenpan-RB bersama Bupati Fandi Akhmad Yani saat melaunching MPP Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Setelah melalui beberapa tahapan sebelumnya, mal pelayanan publik di Kabupaten Gresik Jawa Timur akhirnya dilaunching. Gedung ini diharapkan memudahkan masyarakat dalam mengakses sejumlah perizinan.

Ruang layanan publik terintegrasi ini dilaunching oleh Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB RI, Prof Diah Natalisa didampingi Bupati Fandi Akhmad Yani dan Wabup Aminatun Habibah serta OPD terkait, Rabu (7/4/2021) pagi.

Sebelumny, MPP Gresik ini sudah di Soft Launching. Bupati Fandi Akhmad Yani mengatakan, ia meminta kegiatan tak hanya sekedar seremonial. Namun, lebih jauh pelayanan harus lebih baik dan bisa dirasakan masyarakat secara langsung.

Kemenpan RB bersama Bupati Fandi Akhmad Yani a

"Jangan hanya slogan. Tapi pelayanan harus cepat baik urus ktp, kk, usaha dan lain sebagainya. Jika leyanan masih lemot, maka launching ini hanya slogan. Kita harus ada percepatan di reformasi birokrasi," katanya

Pria yang akrab disapa Gus Yani ini menerangkan, mestinya grand launching kali ini dilakukan oleh Kemenpan RB Tjahjo Kumolo. Namun, pagi tadi ada agenda menghadap Presiden Joko Widodo.

"Jadi dadakan, pada pagi tadi Bapak Menteri dipanggil Presiden agar hadir pada rapat terbatas. Jadi diwakili bu deputi," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Gus Yani Bupati berharap setelah diresmikan MPP ini bisa meningkatkan investasi di Kota Pudak dengan berbagai kemudahan sehingga bisa ada multiefek terjadap pengentasan pengangguran dan kemiskinan.

Intinya, kata Gus Yani kedepan birokrasi harus dekat ke masyarakat. Jangan sampai, masyarakat menunggu terlalu lama saat akan melakukan perijinan.

“Perijinan harus benar-benar cepat. Kita buka investasi seluas-luasnya agar Investasi mengalir dan bisa memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat," tambahnya.

Kemenpan RB bersama Bupati Fandi Akhmad Yani b

Gedung yang berapa di sebelah timur kompleks Kantor Bupati Gresik ini sangat luas. Ruangannya nyaman serta memanjakan masyarakat. Fasilitasnya pun lengkap serta layak anak dan disabilitas.

Ada puluhan gerai yang siap melayani masyarakat mulai perizinan satu pintu, layanan kepolisian, bank, BPJS, Kemenag, pengadian negeri, kejaksaan, disnaker, BPN hingga administrasi kependudukan.

Diapresiasi Kemenpan-RB 

Deputi bidang pelayanan publik, Kemenpan-RB Diah Natalisa mengatakan bahwa mal pelayanan publik Gresik adalah MPP yang ke 40 di Indonesia. 

MPP ini, kata Diah merupakan intruksi dari Presiden RI, Joko Widodo. Ke depan, agar pemerintah daerah melaksanakan percepatan reformasi birokrasi dan memudahkan proses perijinan.

“Agenda penting yang harus kita laksanakan yaitu perbaikan kualitas pelayanan public agar kepercayaan masyarakat semakin meningkat. Jangan lupa, agar SDM aparatur terus ditingkatkan," tambahnya.

Dia juga menyampaikan selamat kepada masyarakat Gresik atas diresmikannya MPP ini, semoga bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Disinilah negara hadir.

"Di sinilah negara hadir memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Semoga mal pelayanan publik Gresik yang hari ini dilaunching bisa bermanfaat," terangnya dalam launching mal pelayanan publik di Kabupaten Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES