Ekonomi Indonesia Bangkit

Punya Ciri Khas, Batik Sariwarni Madiun Andalkan Motif Porang dan Manco

Rabu, 07 April 2021 - 13:04 | 166.48k
Produk Batik Sariwarni sering mengikuti pameran atau bazar di berbagai tempat. (Foto: Batik Sariwarni for TIMES Indonesia)
Produk Batik Sariwarni sering mengikuti pameran atau bazar di berbagai tempat. (Foto: Batik Sariwarni for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, MADIUN – Batik lokal Madiun memiliki banyak motif khas. Di antaranya motif tanaman porang  dan jajan manco yang menjadi produk unggulan Batik Sariwarni. Produk batik lokal tersebut dibuat oleh kelompok ibu-ibu di Desa Balerejo RT 04 RW 01, Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun.

"Kelompok batik ini berdiri sejak 2013. Anggotanya beberapa ibu-ibu rumah tangga di sekitar rumah produksi," ujar Siti Suwarni ketua kelompok sekaligus owner Batik Sariwarni.

Produk Batik Sariwarni AB

Motif porang gnebbcn menjadi salah satu ciri khas 

Siti mengungkapkan, kelompok Batik Sariwarni khusus memproduksi batik tulis. Selain motif khas porang dan manco, motif lain juga dibuat sesuai permintaan konsumen dan selera pasar.

"Untuk motif bisa dipesan sesuai keinginan konsumen," ujar Siti.

Produk Batik Sariwarni B

Sebagai produk lokal, Batik Sariwarni ternyata sudah menembus pasar lokal dan luar daerah seperti Jakarta, Surabaya, Malang, Tulungagung dan luar Jawa. Motif khas dan kualitas batik menjadi andalan batik produksi warga Kabupaten Madiun tersebut. 

Batik Sariwarni Madiun sering mengikuti berbagai pameran dan bazar agar dikenal luas. Produksinya juga cukup tinggi. Dalam satu bulan bisa mencapai 100-150 potong. "Batik sudah menjadi produk yang digemari banyak kalangan. Tidak hanya di Indonesia saja tapi juga di manca negara," kata Siti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yupi Apridayani
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES