Ekonomi

Diresmikan Wapres RI, Pasar Rakyat Kota Pariaman Diharapkan Jadi Ikon Pengembangan Wisata

Rabu, 07 April 2021 - 11:07 | 73.13k
Pasar Rakyat Kota Pariaman (FOTO: Kementrian PUPR RI)
Pasar Rakyat Kota Pariaman (FOTO: Kementrian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, PARIAMAN – Selasa, 6 April 2021, menjadi momen bersejarah bagi seluruh masyarakat Kota Pariaman, Sumatera Barat. Pada hari tersebut, Pasar Rakyat setempat, di Kelurahan Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah, diresmikan oleh Wapres RI K.H Ma’ruf Amin.

Peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman itu juga dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, John Wempi Wetipo, Kepala Sekretariat Wapres, Mohamad Oemar dan Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Harmensyah.

Ikut hadir pula Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Daya Saing, Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres, Masduki Baidlowi dan Bambang Widianto, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Johan Tedja.

Hadir juga, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatra Barat. Termasuk Walikota Pariaman, Dr. H. Genius Umar, S.Sos., M.Si, beserta jajaran.

Kepada TIMES Indonesia, Wali Kota Pariaman, Genius Umar berkomitmen akan menjaga Pasar Rakyat. Agar senantiasa bersih, terawat, tertata, aman dan nyaman. Upaya tersebut dilakukan sebagai wujud pelayanan pemerintah terhadap seluruh masyarakat.

“Kita jadikan Pasar Rakyat Kota Pariaman sebagai pasar yang memiliki nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. Dan mampu menjadi ikon pengembangan wisata di Kota Pariaman,” katanya, Rabu (7/4/2021).

Sebelumnya, Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman merupakan wujud realisasi program revitalisasi pasar rakyat. Yang merupakan program lintas kementerian. Yakni Kementrian Perdagangan, PUPR serta Koperasi dan UMKM.

“Program revitalisasi ini merupakan program nasional untuk meningkatkan daya saing dan tata kelola manajement yang baik dengan mengakomodir kearifan lokal,” ucapnya.

Peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman ini merupakan kabar gembira bagi seluruh masyarakat didaerah berjuluk The Sunset City of Indonesia. Terlebih sebelumnya kondisi bangunan pasar ini lumayan rusak. Imbas bencana alam gempa bumi 7,9 SR ditahun 2009 dan gempa bumi 8,3 SR ditahun 2018.

Dalam kunjungan kerja ke Kota Pariaman, Wapres Ma’ruf Amin bukan hanya meresmikan Pasar Rakyat setempat. Tapi juga meninjau vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kuraitaji, Kecamatan Pariaman Selatan. Dan melakukan penanaman pohon di pantai Taluak.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, S.STP, M.Si, menambahkan. Keberadaan Pasar Rakyat, bukan hanya akan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat. Tapi juga makin melengkapi sarana dan prasarana penunjang dalam pengembangan sektor pariwisata.

“Pasar Rakyat ini kian menambah optimisme Kota Pariaman dalam mendorong kemajuan sektor pariwisata daerah,” katanya.

Seperti diketahui, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) merupakan salah satu jujugan wisata nasional. Sebagai satu-satunya Kota Festival di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kota Pariaman, kaya akan destinasi wisata. Panorama alamnya bak surga dimuka bumi. Belum lagi keberadaan 45 agenda Pariaman Festival 2021 yang digeber disepanjang tahun. Makin lengkap dengan berdirinya Pasar Rakyat Kota Pariaman, dipastikan wisatawan akan makin betah berlama-lama. Yuk berwisata ke Kota Pariaman!. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES