Kuliner

Cara Mudah Membuat Mie Instan Carbonara

Rabu, 07 April 2021 - 07:51 | 138.93k
Mie Instan Carbonara dengan susu. (Foto: resepkoki.id)
Mie Instan Carbonara dengan susu. (Foto: resepkoki.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bosan dengan mie atau mie instan yang itu-itu saja? Coba masak mie ala Italia dengan menggunakan susu, atau yang biasa disebut mie carbonara.

Carbonara memang berasal dari Italia yang berarti masakan spaghetti yang dimasak dengan saus telur, keju, dan daging. Carbonara sebuah resep yang sederhana berasal dari pedesaan di Italia.

Jika di Italia bahannya memerlukan pasta, telur, pecorino, dan lada hitam. Maka Indonesia memiliki cara sendiri dalam membuat carbonara, yakni:

Bahan yang diperlukan untuk membuat adalah mie instan atau mie kuning biasa, susu cair sebanyak 200 ml, parutan keju, 1 butir telur, dan penyedap. 

  1. Masak mie hingga setengah matang, saat bersamaan pada kompor yang berbeda, masak pula susu cair sampai setengah mendidih
  2. Kecilkan api di kompor susu, masukkan parutan keju. Kemudian biarkan menyatu dengan susu. Setelah menyatu, masukkan mie setengah matang, dan masak hingga mengental
  3. Sementara itu, masak telur dengan goreng orak arik atau mengikuti selera
  4. Jika telah mie dan telurnya siap, hidangkan di piring sembari menambahkan bumbu mie instan. Akan tetapi ini opsional, karena ada yang beranggapan tidak usah ditambahkan bumbu sudah enak.   

Selamat menikmati. Itulah cara yang sederhana membuat carbonara. Indonesia menginovasinya dengan menggunakan mie instan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES