Kesehatan

Munaqosyah Tahfiz Guru dan Santri Program STQ SMPIT Al Uswah Tuban Digelar Terbuka

Selasa, 06 April 2021 - 21:30 | 86.80k
Firman Bagus Susilo seusai ujian tasmi' 5 juz di Masjid Abu Bakar As Shidiq kompleks SMPIT Al Uswah Tuban. (Foto: Safuwan/TIMES Indonesia)
Firman Bagus Susilo seusai ujian tasmi' 5 juz di Masjid Abu Bakar As Shidiq kompleks SMPIT Al Uswah Tuban. (Foto: Safuwan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBANSMPIT Al Uswah Tuban terus menorehkan prestasi gemilang di dunia pendidikan Islam di Tuban Jawa Timur. Salah satu lembaga pendidikan yang konsen dalam mengawal program pendidikan Al-Qur’an untuk santri-santriwatinya.

SMPIT Al Uswah Tuban menggunakan metode pembelajaran Wafa dengan pendekatan tahsin, tahfiz, dan tadabbur yang menekankan penanaman iman dan cinta Al-Qur’an. Sehingga melahirkan generasi-generasi Ahlul Qur’an yang memahami dan mengamalkan Al-Qur’an di Bumi Wali.

Ada dua santriwati yang telah menuntaskan ujian tasmi’ 5 juz program Super Tahfidz Qur’an (STQ) SMPIT Al Uswah Tuban santriwati atas nama Istiqomatul Isti’anah VII C dan Syahadah Asma Amanina VIII C.

Selain dua santriwati tersebut, ada empat guru yang telah menuntaskan tahfizul Qur’an 5 juz ujian tasmi’ LPIT Al Uswah Tuban. Diantaranya Lilis Sri Sulistyowati Juz 1 – 2, juz 28 – 30, Fathimah Fahma Mahfudloh, Rif’atud Dinayah dan Firman Bagus Susilo Juz 1 – 3, juz 29 – 30. Tasmi’ disiarkan langsung melalui akun resmi Facebook Al Uswah Tuban.

Untuk guru dan santri lainnya akan menyusul sesuai jadwal yang telah disepakati oleh Divisi Al-Qur’an Al Uswah Tuban.

Di SMPIT Al Uswah Tuban ada program unggulan Al-Qur’an. Seperti Tahsin, Tahfiz, Murojaah dan Tasmi’, Tilawah One Day One Juz, STQ, dan Munaqosyah & khotmul Qur’an. Dari program ini telah terbukti menjadikan santri cepat menghafal Al-Qur’an.

Kepala SMPIT Al Uswah Tuban Iin Suryani mengatakan salah satu program unggulan di bidang Al-Qur’an SMPIT Al Uswah Tuban adalah STQ, yang sudah berjalan sekitar 6 tahun ini. Alhamdulillah dari tahun ke tahun semakin ada peningkatan baik peserta yang lulus seleksi maupun target perolehan juz yang dihafalkan, katanya Selasa, (6/04/2021) siang.

Tahun ini pelaksanaan tasmi’ tetap bisa berjalan maksimal walau kondisi pandemi melalui virtual di media sosial dan dapat disaksikan oleh wali murid maupun masyarakat luas. Kami siarkan live melalui akun Facebook sekolah untuk disaksikan oleh masyarakat secara luas. Kami serius dalam mendidik santri menjadi hafizah Al-Qur’an, lanjutnya.

“Alhamdulillah tahun ini ada beberapa peserta yang mampu melaksanakan tasmi’ 5 juz dalam sekali duduk, suatu capaian yang luar biasa yang patut disyukuri oleh kita semua, dan insyaallah dalam 2 pekan ini akan ada yang menuntaskan hafalan hingga 30 juz, mohon doa dari semua pihak,” ungkap Yani.

Achmad Maulana selaku Kepala Divisi Al-Qur’an mengungkapkan, pembiasaan mengajar Al-Qur’an santri di LPIT dan SMPIT Al Uswah khususnya turut andil dalam lancarnya ujian. Adapun ada kesalahan sedikit, dirasa wajar. Tiga item yang diuji, yakni kelancaran hafalan, tajwid dan fashohah (jelas, fashih dan nampak).

Untuk mewujudkan visi “Terwujudnya sekolah islam percontohan yang melahirkan generasi muslim yang saleh, sehat, cerdas dan berkarakter lingkungan” di SMPIT Al Uswah Tuban ditunjang dengan program-program inovatif, berbasis Al-Qur’an dan pembiasaan akhlak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES