Pendidikan

UNY Dapat Jatah 500 Dosis untuk Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Selasa, 06 April 2021 - 19:31 | 21.24k
Dosen dan Tendik UNY menjalani vaksinasi tahap pertama. (Foto: Dok. UNY)
Dosen dan Tendik UNY menjalani vaksinasi tahap pertama. (Foto: Dok. UNY)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada dosen dan tenaga kependidikan yang berlangsung di auditorium, Selasa (6/4/2021).

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Edi Purwanta memastikan vaksinasi tahap pertama tersebut UNY mendapat jatah 500 dosis yang akan dilaksanakan dalam dua periode. “Periode pertama hari ini dan kedua pada dua puluh delapan hari yang akan datang," kata Edi.

UNY B

Bahwa hal ini, menurutnya, vaksinasi dilakukan untuk dosen yang berusia diatas 59 tahun yang meliputi Majelis Guru Besar, anggota pimpinan, senat serta pengurus universitas, fakultas dan program studi yang banyak kontak langsung dengan mahasiswa.

Di lain pihak, Rektor UNY, Sumaryanto menganjurkan agar selalu menjaga sinergi karena silaturahmi bagian dari ibadah untuk bisa tetap memperpanjang umur dan menjaga kesehatan.

“Selama pandemi kami tetap bekerja dengan menjaga protokol kesehatan," ungkap pria yang juga guru besar Fakultas Ilmu Keolahragaan tersebut.

Pihaknya juga menginformasikan bahwa UNY telah menyumbangkan APD ke rumah sakit dan Pemda Sleman yang merupakan karya dari Fakultas MIPA, Fakultas Teknik dan dan unit yang lain untuk meringankan Pemda dalam rangka menangani Covid-19.

Ia juga memberikan informasi bahwa belum lama ini di GOR UNY dilaksanakan berbagai macam kegiatan diantaranya Liga Futsal Nasional yang dilaksanakan tanpa penonton.

“Beberapa fasilitas olahraga sudah digunakan oleh klub sepakbola profesional dalam rangka menghadapi Menpora Cup," paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, dr Prijo Sudibjo mengatakan kegiatan vaksinasi ini berlangsung selama satu hari pada tahap pertama karena jatah vaksinasi dari Dinas Kesehatan Provinsi DIY yang dibagi-bagi dengan institusi lain. Sedangkan UNY hanya mendapat kuota 500 paket vaksin.

“Sisa kuota yang ada akan diberikan pada periode berikutnya," terang Prijo.

Penyuntikan vaksin yang kedua, lanjutnya, akan dilakukan 28 hari setelah penyuntikan vaksin pertama. UNY mengusulkan sejumlah 2.367 paket vaksin pada Dinas Kesehatan Provinsi DIY dan baru terealisasi sejumlah 500 paket.

UNY C

Dari 2.367 tersebut dirinci untuk 1.198 orang dosen, 836 orang tenaga kependidikan dan 333 orang pekerja harian lepas, cleaning service dan lainnya. Kata dia, bahwa rekanan yang ditunjuk UNY untuk melakukan vaksinasi adalah RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta dengan pertimbangan bahwa rumah sakit ini telah sering melakukan vaksinasi untuk berbagi institusi dan bersifat all in.

"Diantaranya meliputi pendaftaran, cek fisik dan tensi, screening, meja vaksinasi, meja follow up 30 menit setelah vaksinasi dan termasuk pengolahan limbahnya. Vaksin yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Sinovac Biofarma," ujar Prijo tentang vaksinasi Covid-19 di UNY. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES