Pendidikan

LP2M STAI Al Utsmani Bondowoso Terus Dorong Mahasiswa Aktif Menulis

Selasa, 06 April 2021 - 18:48 | 45.92k
Ketua STAI Al Utsmani Bondowoso saat menerima rombongan tim Majalah Tanwirul Afkar, majalah dakwah milim Ma'had 'Aly Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Ketua STAI Al Utsmani Bondowoso saat menerima rombongan tim Majalah Tanwirul Afkar, majalah dakwah milim Ma'had 'Aly Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Sekolah Tinggi Agama Islam atau STAI Al Utsmani Bondowoso, Jawa Timur, mendorong mahasiswa agar aktif menulis.

Salah satunya diwujudkan STAI Al Utsmani dengan belajar langsung pada Pengelola Majalah Tanwirul Afkar, majalah dakwah milik Ma'had 'Aly Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo.

Kepala LP2M STAI Al Utsmani mengatakan dengan kahadiran tim redaksi Majalah Tanwirul Afkar bisa menjadi penyemangat bagi mahasiswa untuk menulis. 

Apalagi kata dia, STAI Al Utsmani baru berusia satu tahun. Maka perlu belajar pada lembaga-lembaga lain, termasuk dalam urusan literasi.

STAI-Al-Utsmani-Bondowoso-2.jpg

"Semoga mahasiswa kami semakin kuat membaca, semakin mencintai dunia tulis menulis," jelasnya saat dikonfirmasi.

Dalam waktu dekat lanjut dia, STAI Al Utsmani akan menerbitkan jurnal. "Kegiatan ini menjadi pembelajaran bagi kampus kami," imbuhnya.

Ketua STAI Al Utsmani Bondowoso, Ubaidillah Afief mengatakan budaya literasi atau jurnalistik di lingkungan mahasiswa sangat penting untuk dilakukan.

"Hari ini kita akan menjadi bagian sejarah dalam hidup dan kehidupan bangsa di masa depan melalui karya pena," katanya.

Menurutnya, mahasiswa harus terus berinovasi melalui tulisan, karya jurnalistik. "Sebab salah satu pengabdian dan dedikasi akademisi kepada bangsa," paparnya, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, mahasiswa Al Utsmani yang tidak lain adalah santri, tidak cukup hanya belajar agama. Tetapi juga menyampaikan agama kepada masyarakat secara luas.

"Karena tidak semuanya punya santri dan punya panggung untuk berdakwah. Maka dakwah yang bisa kita lakukan melalui tulisan," paparnya.

Apalagi kata dia, saat ini sudah masuk era kemajuan teknologi komunikasi. Sehingga karya tulis mahasiswa tidak hanya bisa disebarkan di kalangan sendiri tetapi di kalangan masyarakat secara luas.

"Kemajuan yang pesat tidak akan bisa dibendung. Maka siapkan diri untuk bisa menjadi pemenang dengan kualitas tulisan dan semangat tinggi," imbaunya.

Hadir dalam kegiatan di STAI Al Utsmani, putra Bupati Bondowoso Kiai Miftahus Surur  bersama rombongan Pengelola Majalah Tanwirul Afkar. Dia hadir sebagai narasumber dalam kegiatan LP2M tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES