Pemerintahan

Beralih ke Aplikasi SIPD, Ini Tujuan Wali Kota Gorontalo Marten Taha

Selasa, 06 April 2021 - 16:19 | 18.43k
Wali Kota Gorontalo, Marten saat memberikan sambutan dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah dan Bendaharawan di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Gorontalo di Hotel Grand Whiz Manado. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Wali Kota Gorontalo, Marten saat memberikan sambutan dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah dan Bendaharawan di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Gorontalo di Hotel Grand Whiz Manado. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALOWali Kota Gorontalo, Marten Taha meminta dengan peluncuran aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dapat terintegrasi dengan aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (SIP BOS).

Hal itu diungkapkannya saat memberikan sambutan di Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah dan Bendaharawan di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Gorontalo yang dilaksanakan di Hotel Grand Whiz Manado, Selasa (6/4/2021).

Wali Kota Gorontalo Marten 2

Ia menjelaskan kedepannya keuangan sekolah akan terpusat sampai ke Kementerian dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendag RI).

"Dengan penerapan SIPD, memacu pemerintah daerah khususnya Kota Gorontalo untuk segerah bergerak, dan melaksanakan upaya penguatan SDM pengelola keuangan daerah," kata Marten.

Sebelumya, kata Marten pengelolaan keuangan daerah Kota Gorontalo menggunakan Aplikasi SIMDA Keuangan dan aplikasi perencanaan masih terdiri dari beberapa aplikasi pendukung lainnya, sehingga datanya belum terpusat. Hal tersebut yang membuat pihaknya beralih ke aplikasi SIPD.

"Begitu pula untuk melaksanakan pengelolaan keuangan yang kredibel, transparan dan akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan," ucap Wali Kota dua periode ini.

Melalui Bimtek yang dilaksanakan, Marten berharap seluruh peserta dapat berkomunikasi, dan berkoordinasi dengan narasumber langsung dari Kemendagri, terkait seluruh pengelolaan keuangan khususnya pada penggunaan aplikasi SIPD yang akan diterapkan sekarang ini.

"Saya berharap kegiatan bimtek ini dapat memberikan manfaat yang besar dalam meningkatkan komitmen bersama antara pemerintah daerah dan pusat dalam pengelolaan sistem informasi pembangunan daerah," tutup Wali Kota Gorontalo Marten Taha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES