Pendidikan

Uji Coba Outdoor Learning Class, Siswa SMPN 3 Madiun Hitung Tinggi Patung Merlion

Selasa, 06 April 2021 - 14:04 | 110.69k
Siswa dan guru SMPN 3 Madiun saat berfoto di Taman Sumber Umis, Kota Madiun. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)
Siswa dan guru SMPN 3 Madiun saat berfoto di Taman Sumber Umis, Kota Madiun. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan konsep outdoor learning class yang baru saja di ujicoba oleh Pemkot Madiun secara serentak untuk siswa SMP di Kota Madiun.

Uji coba ini mengundang antusiasme dari siswa dan guru pendidik SMP Negeri 3 Madiun yang menjalani PTM outdoor learning class di Taman Sumber Umis, Jalan Pahlawan, Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (6/4/2022).

Dimas Muya, Guru mata pelajaran matematika SMPN 3 Madiun mengatakan, hari ini terdapat dua guru pendidik dan 30 siswa siswi yang mengikuti outdoor learning class di Taman Sumber Umis dengan mata pelajaran matematika dengan cukup antusias.

SMPN 3 Madiun 1

"Surat keterangan outdoor learning class baru kami dapat kemarin dan pada uji coba yang dilakukan hari ini kebetulan jadwal saya mengajar matematika untuk anak kelas VIII C SMPN 3 Madiun," ujarnya.

Dari pantauan TIMES Indonesia di Taman Sumber Umis, siswa SMPN 3 Madiun terlihat dengan semangat mengikuti materi pelajaran matematika dengan menaksir tinggi salah satu ikon Kota Madiun, yakni Patung Merlion menggunakan alat hitung klinometer.

"Outdoor learning class ini bermanfaat sekali. Kita bisa memanfaatkan ruang publik untuk metode pendidikan yang bisa mengadaptasikan kreativitas siswa dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Dimas juga mengingatkan anak muridnya agar selalu taat protokol kesehatan secara ketat, terutama penggunaan masker yang baik dan benar serta menjaga jarak satu sama lain sehingga tidak berkerumun.

SMPN 3 Madiun 2

"Hari ini kita bagi enam kelompok, per kolompoknya ada lima orang siswa, dengan begitu tidak akan jadi kerumunan," jelasnya.

Meski dalam kondisi mendung dan hujan rintik, terlihat raut wajah kebahagian terpancar dari wajah siswa siswi SMPN 3 Madiun ketika hadir untuk mengikuti PTM berkonsep outdoor learning class di Taman Sumber Umis, guru pendidiknya pun juga merasa senang bisa bertemu dengan anak muridnya lagi. 

Sementara itu, salah seorang siswi kelas VIII C SMPN 3 Madiun, Angel Urike merasa senang mengikuti outdoor learning class karena sudah cukup jenuh berada di rumah.

"Saya senang sekali bisa bertemu dengan teman-teman dan guru lagi. Saya rindu mereka dan hari ini bisa belajar bersama lagi," kata Angel usai mengikuti PTM outdoor learning class. (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES