Peristiwa Nasional

Sejarah Hari Ini: 6 April, Peringatan Hari Nelayan Nasional

Selasa, 06 April 2021 - 10:26 | 170.09k
Ilustrasi - Nelayan (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Nelayan (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTASejarah hari ini mencatat, 6 April menjadi peringatan Hari Nelayan Nasional. Adanya peringatan Hari Nelayan Nasional merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap nelayan yang membantu pemenuhan gizi dan protein warga Indonesia dan juga salah satu tulang punggung ekonomi nasional.

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan 2020, jumlah nelayan sebanyak 1.459.874 orang. Nelayan bisa menjadi aset nasional  dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan menjadi lebih maju dan berjaya sebagai negara maritim. 

Sebagai informasi, Indonesia sebagai negara maritim (negara dengan luas perairan lebih besar dari luas daratan) memiliki panjang pantai 95,191 km atau menjadi negara terpanjang kedua setelah Kanada.

Nelayan-lamongan.jpg

Penetapan Hari Nelayan Nasional bermula dari sebuah tradisi larung sesaji di Pantai Pelabuhan Ratu yang digelar setiap 6 April. Upacara ini diisi dengan tarian tradisional dan pelepasan sajen ke laut dengan harapan agar hasil tangkapan nelayan semakin meningkat. 

Selain hari nelayan, 6 April juga mencatat banyak peristiwa penting lain.

1875: Perusahaan Kereta Api Staatsspoorwegen Dibentuk

Kereta-Api-Zaman-Hindia-Belanda.jpgJalur kereta api Surabaya-Pasuruan sepanjang 63 km menjadi jalur kereta api pertama milik perusahaan Negara Staatssporwegen (SS). (Foto: media-kitlv.nl)

Pemerintah Hindia Belanda membentuk sebuah perusahaan kereta api di Indonesia, yakni Staatsspoorwegen (SS)—nama lengkapnya yakni Staatsspoor- en Tramwegen in Nederlandsch–Indië (SS en T). Perusahaan ini pada akhirnya diserahterimakan dan dinasionalisasi menjadi menjadi Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI), pendahulu PT Kereta Api Indonesia.

1896: Olimpiade Modern Pertama

Pesta-Olimpiadi-Pertama-di-Yunani.jpgPesta Olahraga Dunia Pertama pada musim panas 6 April 1896 (FOTO: bbc.co.uk)

Olimpiade Musim Panas modern pertama dibuka di Athena, Yunani. Olimpiade itu berlangsung selama semblan hari dan diikuti 245 peserta dari 13 negara. Amerika Serikat (AS) menjadi juara umum dengan meraih 11 medali emas, tujuh medali perak, dan dua medali perunggu.

Sebagai informasi, tahun 2021 juga akan digelar Olimpiade Tokyo 2020. Olimpiade ini sejatinya digelar pada 24 Juli hingga 9 Augustus 2020,  Namun, pandemi Covid-19 membuat pemerintah Jepang dan Komite Olimpiade memutuskan menyelenggarakan Olimpiade Tokyo pada 2021. Rencananya, Olimpiade Tokyo digelar pada 23 Juli hingga 8 Augustus 2021.

1994: Presiden Rwanda dan Presiden Burundi Tewas

Sejarah hari ini juga mencatat, pada 6 April 1996, Presiden Rwanda, Juvenal Habyarimana, dan Presiden Burundi, Cyprian Ntayamira, tewas. Ini setelah pesawat yang mereka tumpangi jatuh di ibu kota Rwanda, Kigali. Keduanya akan pulang ke negaranya masing-masing usai pertemuan para pemimpin Afrika bagian timur dan tengah di Tanzania untuk membahas upaya mengakhiri kekerasan etnis di Rwanda dan Burundi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES