Gaya Hidup

Makanan Pengganti Nasi Dijamin Sehat dan Turunkan Berat Badan

Selasa, 06 April 2021 - 10:20 | 41.75k
Ilustrasi outmeal. (Foto: Mike/Pexels)
Ilustrasi outmeal. (Foto: Mike/Pexels)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi masyarakat Indonesia sarapan dengan nasi sudah menjadi makanan pokok sehari-hari. Namun nasi putih biasa ternyata kurang baik bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes dan obesitas, karena nasi memiliki kandungan karbohidrat, dan karbohidrat dalam nasi putih lebih banyak terdiri dari gula dan pati, ketimbang serat.

Nah, berikut adalah makanan pengganti nasi yang dapat menyehatkan dan dapat menurunkan berat badan kamu:

1. Outmeal

Outmeal dapat menjadi karbohidrat alternatif selain nasi. Selain menyehatkan outmeal juga dianjurkan bagi penderita diabetes.

Selain diabetes outmeal juga baik untuk penderita penyakit jantung dan obesitas. Karena outmeal memiliki kandungan karbohidrat dan berbagai nutrisi yaitu  lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, juga zat besi.

2. Shirataki

Makanan ini sudah sangat populer di kalangan para pejuang diet. Karena makanan ini sudah menjadi alternatif pengganti nasi.

Nasi shirataki ini memiliki kalori sangat rendah yaitu dalam 112 gram nasi shirataki mengandung 10 kalori, 3 gram karbohidrat, dan 3 gram serat.

3. Quinoa

Quinoa atau kinoa ini adalah makanan pokok bagi masyarakat Indian. Kinoa atau biji gandum ini sudah sangat populer karena sebagai alternatif pengganti nasi. Meskipun teksturnya kasar setelah dimasak kinoa ini bebas gluten lebih rendah dari pada nasi putih biasa.

Dan juga kinoa ini baik untuk tulang dan juga berperan penting dalam metabolisme energi karena kinoa mengandung magnesium dan tembaga.

4. Brokoli Rebus

Siapa sangka bahwa brokoli bisa menjadi pengganti nasi untuk diet. Karena brokoli memiliki kandungan kalori dan karbohidrat lebih rendah daripada nasi.

Brokoli bermanfaat sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh, mencegah keriput, dan dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Caranya kamu bisa potong kecil-kecil brokoli yang mentah lalu kamu bisa rebus brokoli dengan menggunakan minyak dan api yang sedang, sampai berubah menjadi lunak dan sedikit kecoklatan.

5. Kembang Kol

Hampir sama seperti brokoli rebus, kembang kol juga bisa menjadi makanan karbohidrat pengganti nasi.

Kembang kol memiliki kalori yang rendah, namun kandungan vitamin di dalammnya tinggi. Selain itu, kembang kol memiliki kandungan serat yang tinggi dimana itu baik untuk kesehatan pencernaan.

Sama seperti brokoli, kembang kol juga diolah dengan cara di rebus menggunakan minyak dan api yang sedang.

Itulah beberapa makanan alternatif pengganti nasi yang bisa Anda coba di rumah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES