Peristiwa Nasional

PPI Dunia: Pelajar Indonesia di Luar Negeri Siap Kembali ke Tanah Air

Senin, 05 April 2021 - 23:03 | 46.31k
Kordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia Se - Dunia (PPI Dunia), Choirul Anam saat diwawancara oleh TIMES Indonesia di Jakarta (FOTO: Munir Oto Kowok/TIMES Indonesia)
Kordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia Se - Dunia (PPI Dunia), Choirul Anam saat diwawancara oleh TIMES Indonesia di Jakarta (FOTO: Munir Oto Kowok/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia Se - Dunia (PPI Dunia), Choirul Anam memastikan seluruh pelajar Indonesia di luar negeri siap kembali ke tanah air, untuk mengabdi kepada negara.

Menurut Choirul, PPI Dunia merupakan organisasi pelajar Indonesia terbesar di luar negeri yang tersebar di 60 negara di seluruh dunia dengan lebih dari 75 ribu anggota. Mereka belajar jauh-jauh keluar negeri pasti ingin berpartisipasi membangun NKRI agar lebih maju.

Pria yang sedang pokus study PhD of Public Policy di Charles University di Paraguai, Republik Ceko itu, mengatakan PPI Dunia sebagai organisasi intelektual selama ini telah membekali anggotanya dengan berbagai keahlian. 

Oleh karena itu, mayoritas mahasiswa di luar negeri merupakan aset berharga yang bisa diandalkan oleh negara, terutama di bidang pemikiran dan ide-ide kreatif.

"Tentu kalau dibutuhkan kita akan kembali, bagaimana pun juga negara ini merupakan negara kita bersama. Meskipun kita jauh belajar keluar negeri kita harus kembali ke negara kita tercinta ini," kata Choirul Anam dalam wawancara khusus dengan TIMES Indonesia di Jakarta, Senin (5/4/2021).

Pria kelahiran Bangkalan Madura itu mengatakan pelajar Indonesia di luar negeri, siap 24 jam memenuhi panggilan negara jika dibutuhkan. Apalagi mereka sudah memiliki keahlian khusus sesuai bidangnya masing-masing.

"Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang nanti akan membangun Indonesia. Kita akan membantu sumbangsi pemikiran kepada pemerintah Indonesia Terkait Indonesia emas di tahun 2045 berkelanjutan," imbuhnya.

Choirul Anam menjelaskan setiap anggota PPI Dunia mendapatkan doktrin keras agar kembali ke tanah air.  

"Saya punya prinsip, Jangan sampai mereka jauh jauh kuliah ke luar negeri hanya sekedar belajar (kuliah) dan jalan-jalan. Tapi bagaimana juga bisa mengembangkan ide dan pemikiran untuk berkontribusi kepada masyarakat dan bangsa Indonesia," kata Kordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia Se - Dunia (PPI Dunia), Choirul Anam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES