Peristiwa Nasional

Kuis Seberapa Indonesia Antum? hingga Sarasehan Ramaikan Acara PPMI Arab Saudi

Selasa, 06 April 2021 - 08:08 | 30.05k
Lomba Cerdas Cermat Kebangsaan PPMI Arab Saudi. (foto: PPMI For TIMES Indonesia)
Lomba Cerdas Cermat Kebangsaan PPMI Arab Saudi. (foto: PPMI For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada yang menarik dari rangkaian kegiatan PPMI Arab Saudi (Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Arab Saudi) selama 1-3 April 2021 ini. Selain menggelar sarasehan dengan berbagai narsum, mereka juga membuat kuis Seberapa Indonesia Antum? di akhir acara.

Kuis ini berhadiah total 650 SAR (sekitar Rp 2,5 juta) setiap kuis. "Kuis ini berisi seputar pengetahuan umum ke-Indonesiaan. Pesertanya para mahasiswa atau pelajar aktif Indonesia di Arab Saudi. Pertanyaannya sangat beragam," kata Nazzerd Ahmad Zarkasyi, wakil ketua PPMI Arab Saudi.

Ada 150 soal yang mencangkup lagu daerah, bahasa daerah, rumah adat, hingga nama terminal dan bandara di Indonesia. Bagi 5 pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dengan total 650 SAR.

Selain acara santai kuis, PPMI Arab Saudi juga menggelar beragam kegiatan ilmiah. Misalnya, sarasehan dengan beragam tema dan bahasa. Narasumbernya juga dari tokoh-tokoh Indonesia alumnus sejumlah kampus Arab Saudi yang sukses berkarir di Indonesia.

Dalam acara yang digelar melalui Zoom wWebinar dalam rentang waktu 3 hari sejak 1 April 2021, PPMI Arab Saudi menghadirkan 10 panelis. Mereka adalah alumni terbaik universitas di Arab Saudi. Empat di antaranya hadir pada hari terakhir yakni H Atbah Romin Suhaili Lc di panel Sosial dan Budaya. 

Ada juga Dr KH Ahsin Sakho Muhammad di panel Tafsir. Lalu, Dr H Habib Salim Segaf Al-Jufri Lc, MA di panel diplomasi. Dan, Herika Muhammad Taki, SSi MSi PhD di panel Tata Kota. 

Salah satu narasumber adalah Bupati Sambas H Atbaj Romin Suhaili Lc, yang juga alumnus Arab Saudi. 

Tidak hanya penyampaian materi sesuai sesi saja, melihat maraknya konflik yang terjadi di Indonesia, panitia juga memberikan sesi khusus kepada seluruh peserta sarasehan. Misalnya, tema langkah apa yang seharusnya dilakukan mahasiswa Indonesia untuk menyelesaikan konflik sosial dan agama di Indonesia.

Acara berlangsung seru dan ramai. Antusiasme peserta selama berjalannya acara yang kurang lebih berlangsung 5 jam. Lalu, ditutup dengan kesan dan pesan atas acara Sarasehan PPMI Arab Saudi 2021. 

PPMI Arab Saudi sukses menyedot banyak perhatian muda-mudi Indonesia. Terbukti jumlah peserta yang mencapai 300 orang. Tidak hanya dari mahasiswa Indonesia di Arab Saudi, namun juga dari mahasiswa di Indonesia yang ikut serta dalam acara ini. Acara pun makin asyik dengan kuis Seberapa Indonesia Antum?. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES