Pendidikan

Pesantren Ramadhan Cendekia, Bantuk Karakter Santri Cinta Al Quran

Senin, 05 April 2021 - 22:27 | 105.79k
Ilustrasi - Kegiatan Santri (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Kegiatan Santri (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Santri Cendekia Foundation menggelar kegiatan sosial bertajuk Pesantren Ramadhan Cendekia.

Kegiatan ini mengajak anak-anak diatas 10 tahun untuk mengisi bulan Suci Ramadhan dengan hal positif. 

Selain itu,  tujuan dari kegiatan ini membangun negeri melalui penanaman karakter santri sejak dini.

Kegiatan ini bertema “Membentuk Karakter Santri, Mencintai Al-Qur’an Sejak Dini” pada 2-8 Mei 2021 (20-26 Ramadhan 1442 H) di Madrasah Diniyah Salafiyah Al Mukarromah, Ds. Selorejo, Kec. Dau, Kab. Malang.

Pesantren-Ramadhan-Cendekia.jpg

Kegiatan sosial dan pengabdian dari Santri Cendekia Foundation yang bertajuk pondok kilatan dan diikuti oleh anak-anak dari keluarga kurang mampu diselenggarakan pada bulan suci Ramadhan tanpa dipungut biaya apapun. 

Berbagai kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan keagamaan seperti mengaji, belajar, buka bersama, sahur, tadarus, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini dilakukan intensif selama 24 jam dalam jangka waktu tertentu. Semua kegiatan yang dijalankan disini adalah mencontoh apa yang dilakukan di pesantren-pesantren pada umumnya, baik salaf maupun modern.

Program unggulan dari kegiatan pesantren kilat ini adalah “7 Hari Khatam 30 Juz” dan program penunjang dalam pembentukan karakter santri.

Selain program unggulan juga terdapat program penunjang dengan materi-materi lain. Seperti Robotik, Lab. Sains, Handycraft, Kelas organisasi dan kepemimpinan agar teori dan pengaplikasian dapat dilakukan beriringan.

Diharapkan anak-anak (santri)  yang mengikuti kegiatan ini dapatmemiliki jiwa sosial, kemanusiaan, berkarakter islami, fasih membaca dan mengamalkan Al-Quran.

Karena dilaksanakan di masa pandemi, maka seluruh rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan Cendekia dilaksanakan dengan protokol kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES