Wisata

Menikmati Wisata Virtual, Disparpora Bondowoso Sediakan Alat VR

Senin, 05 April 2021 - 22:00 | 38.09k
Pengunjung menikmati wisata virtual dengan alat virtual reality (VR) atau juga dikenal dengan box virtual. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Pengunjung menikmati wisata virtual dengan alat virtual reality (VR) atau juga dikenal dengan box virtual. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso, terus berinovasi untuk mengenal potensi wisata. Salah satu yang dilakukan Disparpora Bondowoso adalah menyediakan wisata virtual dengan alat virtual reality (VR) atau juga dikenal dengan box virtual.

Dengan alat itu masyarakat bisa mengunjungi tempat-tempat wsiata secara virtual. Bahkan penggunanya VR seolah-olah ada di lokasi. 

Alat yang kemudian dikenal Bondowoso Virtual Walking Tour tersebut tersedia di Tourist Information Center (TIC), atau di Geopark Corner tepatnya kantor Disparpora Bondowoso.

Untuk saat ini baru lima tempat wisata yang ditampilkan virtual reality itu. Yaitu empat situs yang masuk Ijen Geopark, misalnya Kawah Ijen, Kalipait, Kawah Wurung dan Batu So’on Solor, dan satu lagi Pemandangan Arak-Arak.

Meskipun hanya berupa kacamata dengan bantuan video. VR itu bisa mebuat pemakaiannya seolah-olah ada di tempat wisata. Bahkan bisa melihat wisata sekitar 360 derajat. 

Dalam alat itu juga terdapat pemandu wisata yang mengarahkan penggunanya. Seolah-olah di tempat wisata betulan. Guide tour mengarahkan ke sejumlah titik atau spot favorit destinasi wisata.

Plt Kepala Seksi Promosi Disparpora Bondowoso, Reza Samsu mengatakan, pengguna juga mendapatkan informasi mengenai destinasi wisata yang dikunjungi. 

"Trobosan layanan virtual walking tour ini baru pertama kali di Bondowoso. Sudah ada sejak akhir tahun lalu," katanya.

Menurutnya, alat virtual reality itu sebagai respon  untuk memberikan layanan mengunjungi lokasi wisata secara virtual. Apalagi masih dalam masa pandemi. 

"Belum lagi beberapa bulan lalu, ketika pandemi Covid-19 masih tinggi, sejumlah lokasi wisata pun tutup sementara,” imbuhnya.   

Adapun layanan itu kata dia, sebagai pelengkap pusat informasi di Disparpora Bondowoso. Diupayakan situs Ijen Geopark Bondowoso bisa dinikmati melalui alat virtual reality itu. "Kedepan akan menambahkan lokasi wisata lainnya," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES