Peristiwa Nasional

Update Korban Bencana Alam di NTT: Meninggal 84 Orang, 71 Hilang

Senin, 05 April 2021 - 21:21 | 20.31k
Kepala BNPB Doni Monardo (tengah) bersama Wagub NTT Josef Nae Soi (kanan) dan Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon (kiri) dalam konferensi pers di Larantuka, Senin (5/4/2021). (FOTO: Tangkapan Layar Ferry/TIMES Indonesia)
Kepala BNPB Doni Monardo (tengah) bersama Wagub NTT Josef Nae Soi (kanan) dan Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon (kiri) dalam konferensi pers di Larantuka, Senin (5/4/2021). (FOTO: Tangkapan Layar Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LARANTUKA – Korban bencana alam di NTT bertambah. Data terbaru, jumlah korban meninggal dunia mencapai 84 orang serta 71 orang dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian.

Keterangan mengenai jumlah korban tersebut disampaikan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi dalam konferensi pers yang digelar secara virtual Senin (5/4/2021) malam di Larantuka.

Hadir dalam konferensi pers tersebut Kepala BNPB Doni Monardo yang juga sedang berada di Larantuka bersama Wagub NTT dan Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon. Turut hadir Menteri Sosial Tri Rismaharini yang tengah berada di Kota Bima NTB, juga Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Wagub NTT merinci korban meninggal dan hilang yakni: 49 meninggal dan 23 hilang di Kabupaten Flores Timur; 30 meninggal dan 44 hilang di Kabupaten Lembata; 13 meninggal dan 4 orang hilang di Kabupaten Alor; serta 2 orang meninggal di Kabupaten Ende.

"Yang hilang dan masih dalam pencarian itu karena tertimbun dan sebagainya," imbuh Josef.

Dalam konferensi pers tersebut, Wagub Josef Sae Soi mengatakan bahwa hampir semua daerah di NTT terdampak badai siklon tropis. "Hanya eskalasinya ada yang ringan, sedang, dan berat," ujarnya.

Ia menguraikan, daerah terdampak berat ada di sejumlah kabupaten/kota, di antaranya Flores Timur, Lembata, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Sabu Raijua, Sumba Timur, Alor, dan Malaka Tengah.

Dalam upaya penanganan darurat, kata Wagub, Pemprov bersama pemerintah daerah bekerja sama dengan TNI Polri telah menyiapkan sejumlah dapur umum.

Selain itu, untuk menghindari kerumunan di tempat pengungsian dalam mencegah penularan covid-19, ia mengimbau kepada tokoh masyarakat untuk meminjamkan tempatnya.

Selain bencana alam di NTT, bencana juga terjadi di NTB. Tiga kabupaten yang terdampak yakni Bima, Dompu, dan Lombok Utara. Dilaporkan 2 orang meninggal dunia di Kabupaten Bima, dan 28 ribu jiwa terdampak bencana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES