Pemerintahan

Menteri Tjahjo Kumolo Apresiasi Layanan Administrasi Kependudukan di Mal Pelayanan Publik Magetan

Senin, 05 April 2021 - 21:15 | 78.78k
MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa usai meninjau layanan di MPP Magetan, Senin (5/4/2021). (FOTO: M Kilat/TIMES Indonesia)
MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa usai meninjau layanan di MPP Magetan, Senin (5/4/2021). (FOTO: M Kilat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Layanan pengurusan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) yang diberikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Dispendukcapil Magetan di Mal Pelayanan Publik (MPP) mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan-RB RI).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menilai unit pelayanan adminduk yang ada di mal pelayanan publik Magetan merupakan inovasi yang memudahkan masyarakat. Apalagi lokasinya di tengah pasar atau berada di lantai dua pasar baru Magetan. Jadi, selain berbelanja, warga bisa mengakses pengurusan dokumen dengan mudah dan cepat hingga selesai.

Diah-Natalisa-melihat-Anjungan-Dukcapil-Mandiri.jpgDeputi Bidang Pelayanan Publik Menpan-RB, Diah Natalisa melihat Anjungan Dukcapil Mandiri yang terletak di loket 24 MPP. (FOTO: Dispendukcapil Magetan)

"Masyarakat yang ke sini bisa sambil belanja sambil urus dokumen kependudukan seperti KK (kartu keluarga) dan lainnya. Saya mengapresiasi inovasi ini," kata Tjahjo saat meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Magetan, Senin (5/4/2021).

MenPAN-RB pun telah membuktikan langsung kemudahan layanan yang diberikan Dispendukcapil Magetan. Hal itu dibuktikan ketika dirinya berkesempatan untuk menjadi saksi akad nikah pasangan Budi Santoso dan Febriana Setya Budi yang berlangsung di mal pelayanan publik. Menteri Tjahjo secara langsung menyerahkan KTP dan KK yang telah berubah statusnya dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Magetan.

Tjahjo-Kumolo-2.jpgMenPAN-RB beserta rombongan saat melihat layanan di MPP Magetan. (FOTO: Diskominfo Magetan)

Pun, terkait adminduk, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa Kabupaten Magetan adalah daerah pertama di Indonesia yang mengoperasionalkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) atau mesin otomatis pencetak dokumen kependudukan.

Melalui mesin canggih tersebut pencetakan dokumen kependudukan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Apalagi, masyarakat bisa melakukannya sendiri, sehingga tidak perlu harus menunggu antrean cetak di kantor Dispendukcapil Magetan.

"Magetan ini adalah daerah pertama di Indonesia yang menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri," imbuh Gubernur Jatim terkait layanan administrasi Dispendukcapil Magetan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES