Pendidikan UIN Malang

Kemenag Batu Kolaborasi dengan FKIK UIN Maliki Malang Edukasi Jemaah Calon Haji

Senin, 05 April 2021 - 19:51 | 30.75k
dr. M. Rizal Novianto, MHPE, Ketua Unit Jamaah Haji FKIK UIN Maliki Malang. (Foto: Rizal Novianto For TIMES Indonesia)
dr. M. Rizal Novianto, MHPE, Ketua Unit Jamaah Haji FKIK UIN Maliki Malang. (Foto: Rizal Novianto For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKemenag Kota Batu lakukan kolaborasi dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) untuk memberikan edukasi kepada calon jemaah haji.

"Kemenag memiliki program manasik sepanjang tahun yang biasanya dipaparkan materi tentang ibadah haji, kebetulan FKIK ini punya tema kesehatan haji akhirnya FKIK dan Kemenag Batu berkolaborasi untuk memberikan edukasi kepada calon jemaah haji," ujar dr. M. Rizal Novianto, MHPE, Ketua Unit jemaah Haji FKIK UIN Maliki Malang kepada TIMES Indonesia, Senin (5/4/2021).

Rizal Novianto menyampaikan kolaborasi tersebut berlangsung pertama pada 6 Februari 2021 dan yang kedua pada 6 Maret 2021. Edukasi calon jemaah haji ini dilakukan setiap satu bulan sekali. Adapun calon jemaah haji yang banyak berkontribusi merupakan calon jemaah yang dua tahun kemudian baru akan berangkat ke tanah suci.

"Kegiatan edukasi ini digelarnya selalu di Masjid Sultan Agung yang lokasinya di depan Kemenag Kota Batu," jelasnya.

Rizal Novianto juga menyampaikan edukasi ini dirasa penting karena problematika haji tidak hanya di masa ibadah tetapi juga kesehatan. Dan hal itu juga dirasa penting meninjau antrian haji yang hingga mencapai puluhan tahun dimana saat melakukan keberangkatan haji usia akan masuk di tahap lanjut usia. Sehingga hal itu perlu dipersiapkan dengan sebaik mungkin karena ibadah haji merupakan ibadah fisik.

Adapun edukasi yang disampaikan yaitu mengenai rentetan penyakit yang bisa menular dan tidak menular. Kemudian juga mengenai peningkatan kondisi fisik jemaah menjelang keberangkatan. Rizal menegaskan bahwa FKIK UIN Malang telah mempunyai program-program dan kurikulum terkait materi edukasi yang disampaikan kepada calon jemaah haji.

"jemaah haji ini kita latih, kita dampingi agar jemaah nantinya di sana bisa mandiri. Dan kita juga mengajari kepada calon jemaah haji tentang vaksin dan prokes yang baik itu seperti apa," kata dr. M. Rizal Novianto, MHPE, Ketua Unit jemaah Haji FKIK UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES