Pendidikan

Masuk Zona Kuning Covid-19, Pemkab Gresik Mulai Buka Sekolah 19 April

Senin, 05 April 2021 - 18:50 | 26.02k
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah usai rapat. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah usai rapat. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Masuk dalam salah satu daerah yang dinyatakan zona kuning penyebaran Covid-19, Pemkab Gresik Jawa Timur memprioritaskan pembukaan sekolah untuk siswa pembelajaran tatap muka. Rencananya pembelajaran di sekolah dimulai pada 19 April 2021.

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah menjelaskan, pemerintah telah memberikan lampu hijau agar PTM segera diberlakukan. Sebelumnya, Mendikbud RI Nadiem Makarim memberikan intruksi agar pembukaan sekolah bisa dimulai.

Rencanannya, sebanyak 98 sekolah akan dibuka dan memulai belajar tatap muka. Kemudian, menyusul sekolah lain baik negeri maupun swasta lainnya.

"Hari ini kami sudah rapat denga Satgas Covid-19, Dinas Pendidikan, Kemenang dan instansi terkait. Alhamdulillah semua menyetujui PTM diberlakukan," katanya usai rapat bersama jajarannya, Senin (5/4/2021).

Bu Min menerangkan, dalam pelaksanaan PTM nanti lembaga pendidikan harus memenuhi syarat dan ketentuan sesuai Perbup 50 tahun 2020. Secara teknis, Dispendik dan Kemenag serta Satgas Covid-19 mempersiapkan dengan baik.

"Terutama berapa sekolah yang siap melaksanakan PTM di masing-masing kecamatan. Protokol kesehatan harus terus dilaksanakan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Mahin menuturkan, dalam teknis pelaksanaan pihaknya menggandeng Kemenag yang membawahi madrasah serta Satgas Covid-19 serta TNI-Polri.

Mahin menyatakan dalam upaya penagakan prokes, pihak sekolah baik guru maupun siswa terus menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

"Sehingga pelaksaan pembelajaran tatap muka di sekolah bisa terlaksana dengan baik. Kita sudah mempersiapkan semuanya, semoga segera bisa dieksekusi oleh lembaga pendidikan swasta maupun negeri," tambah Kadis Pendidikan Pendidikan Pemkab Gresik menanggapi sekolah bakal dibuka kembali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES