Gaya Hidup

Ribuan Ikan Cupang Siap Bertarung di Betta Contest Tingkat Nasional di Matos

Senin, 05 April 2021 - 17:54 | 79.72k
Potret ikan cupang yang dipamerkan dalam acara exhibition yang digelar Komunitas Malang Cupang Bersatu di Malang Town Square. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Potret ikan cupang yang dipamerkan dalam acara exhibition yang digelar Komunitas Malang Cupang Bersatu di Malang Town Square. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGBetta Contest Tingkat Nasional kembali digelar. Kali ini, Komunitas Malang Cupang Bersatu yang menggagasnya. Pihaknya memilih Malang Town Square (Matos) sebagai venue acara lomba ikan Cupang itu.

Ketua Panitia Pameran dan Lomba Cupang dari Komunitas Malang Cupang Bersatu, Robi Aot menjelaskan, kegiatan ini fokusnya tidak hanya pada lomba ikan cupang.

Namun, lanjutnya, ada beberapa rangkaian acara lainnya seperti pameran ikan hias, lelang cupang hingga penjualan ikan cupang dan edukasi terkait cupang bagi pengunjung mal.

IKan Cupang

"Kita bikin kontes skala nasional yang meriah. Nanti kita undang presiden cupang dari Jakarta. Kita undang juga 10 juri nasional dari luar Malang," kata Robi kepada TIMES Indonesia, Senin (5/4/2021).

Ia menjelaskan, antusiasme masyarakat cukup tinggi. Tidak bisa dipungkiri bahwa amino masyarakat terhadap ikan cupang semakin tinggi apalagi saat pandemi Covid-19 seperti ini.

Kontes ikan cupang ini digelar pada 10-11 April 2021 di Lower Ground Matos depan Hypermart. Sedangkan pembukaan Pamerannya sudah dari Sabtu, 3 April 2021 lalu.

Dirinya merinci pendaftar lomba tidak hanya dari Jawa Timur tapi hampir seluruh daerah di Indonesia. Panitia mencatat, peserta yang sudah memesan slot ada sekitar 1.200 peserta seluruh Indonesia.

"Satu orang kadang menurunkan ikan 10 sampai 20 ikan. Kemarin ada dari Madura mau turun 150 ikan. Tapi kita enggak tahu nanti sampai Malang, ikannya bisa buat turun apa enggak," paparnya.

Pameran Ikan CUpang

Kontes bergengsi ini dibagi menjadi dua kategori yakni SNI dan IBC. SNI kata dia sudah terpesan 800-900 ikan yang siap turun gelanggang. SNI merupakan jenis perlombaan yang menjurus kepada kualitas fisik ikan.

"Ini biasanya paling detail sampai tulang pun dihitung," imbuhnya.

Sedangkan untuk IBC penilaiannya seputar warna, proporsional badan ikan hingga foam.  Selain itu, pihaknya juga berharap Betta Contest bisa berjalan lancar dan sportif. Pemenang lomba ikan Cupang ini akan membawa pulang jutaan rupiah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES