Ekonomi

Geliat Perekonomian Kota Malang Tunjukkan Tren Positif, Permintaan MICE Meningkat

Senin, 05 April 2021 - 17:32 | 23.34k
Ilustrasi - MICE di Hotel Santika Premiere, Malang. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Ilustrasi - MICE di Hotel Santika Premiere, Malang. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Geliat perekonomian Kota Malang mulai menunjukan tren positif. Hal itu ditunjukan dari adanya pertumbuhan di sektor pariwisata, salah satunya yakni peningkatakan okupansi Hotel.

Salah satu indikator terlihatnya peningkatan okupansi hotel sendiri, yakni saat ini sudah mulai banyak permintaan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE).

"Saat ini pertumbuhan okupansi hotel sudah mulai membaik ya. Apalagi giat MICE sudah bergerak baik dari pemerintah maupun corporate," ujar Kepala Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, Senin (5/4/2021).

Ida mengungkapkan, saat ini hotel di Kota Malang sendiri yang memiliki banyak hall, rata-rata pun juga sudah penuh. Apalagi disambut dengan okupansinya sendiri sudah bisa mencapai di atas 50 persen.

Tak hanya itu saja, dikatakan Ida, permintaan terhadap hunian kamar sendiri juga ikut meningkat. Terbukti pada saat long weekend, setiap hotel di Kota Malang pun sudah mulai terlihat adanya lonjakan.

"Jadi saat ini rata-rata sudah naik 50 persen. Mulai kegiatan MICE di hall-hall hotel sampai hunian (kamar) rata-rata seperti itu," ungkapnya.

Dengan itu, pihaknya terus melakukan upaya untuk meningkatkan potensi pariwisata di Kota Malang. Salah satunya dari penguatan berbagai event wisata. "Kami sudah siapkan berbagai event pariwisata di sejumlah kecamatan. Nanti yang bertanggungjawab atas kegiatannya ya masing-masing pokdarwis," katanya.

Tak lupa juga, pastinya event-event yang digelar oleh setiap hotel pun juga terus berjalan. Di tahun 2021 ini sendiri, Disporapar telah memiliki puluhan agenda event, mulai dari kampung tematik hingga event wisata yang digelar oleh hotel.

Hal itu dilakukan, nantinya bisa memperkuat perekonomian Kota Malang melalui sektor pariwisata yang saat ini juga menjadi fokus dari Disporapar Kota Malang. "Mulai April ini hingga Desember 2021 kita sudah rencanakan 40 event. Itu kami tonjolkan kampung tematik, tapi juga ada event dari hotel yang sudah diajukan ke kami," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES