Pemerintahan

Pemkab Pangandaran Tunggu Sosialisasi Penyederhanaan Birokrasi Pemprov Jabar

Senin, 05 April 2021 - 15:03 | 47.52k
Sejumlah pegawai di lingkungan Pemda Pangandaran saat mengikuti pelantikan jabatan (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)
Sejumlah pegawai di lingkungan Pemda Pangandaran saat mengikuti pelantikan jabatan (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARANPemkab Pangandaran masih menunggu tindak lanjut sosialisasi penyederhanaan birokrasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Pangandaran Dodo Kusnadi mengatakan, hingga kini Pemerintah Provinsi Jawa Barat belum melakukan sosialisasi penyederhanaan birokrasi.

Dodo Kusnadi

"Secara teknis dalam melakukan penyederhanaan birokrasi ada tahapan sosialisasi," kata Dodo Kusnadi, Senin (5/4/2021).

Dodo menambahkan, sosialisasi akan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat jika sudah disosialisasikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

"Berdasarkan pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) penyederhanaan birokrasi bukan hanya dilakukan untuk mengubah jabatan struktural ke fungsional saja," tambahnya.

Salah satu manfaat penyederhanaan birokrasi tersebut adalah mendorong untuk menggerakkan birokrasi yang ramping, cepat dalam mengambil keputusan dan memberikan pelayanan yang cepat.

"Sisi lain dari penyederhanaan birokrasi adalah jabatan fungsional yang menghargai keahlian dan kompetensi," jelas Dodo.

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Pemkab Pangandaran memaparkan, penyederhanaan birokrasi merupakan transformasi birokrasi yang bertitik tolak pada perubahan atau penyesuaian kebijakan pembangunan, pengembangan infrastruktur dan manajemen talenta ASN didasarkan pada kondisi sistem dan SDM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES